Dugan Godok Rempah, Alternatif Minuman Peningkat Stamina Tubuh

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sejumlah minuman segar berbahan rempah jadi salah satu varian untuk dinikmati kala pandemi Covid-19. Dugan godok salah satunya jadi alternatif minuman peningkat stamina tubuh.

Manfaat kesegaran dan khasiat kesehatan diakui Safandi, penyedia dugan godok di Jalan Cut Nyak Dien, Tanjung Karang, Bandar Lamlung.

Safandi bilang, menu minuman dugan godok merupakan warisan tradisi kuliner sejak zaman dahulu. Ia bahkan menyebut konon dugan godok rempah menjadi sajian kalangan tertentu terutama raja untuk penambah stamina. Membuka usaha dugan godok rempah sebutnya semakin banyak diminati konsumen kala pandemi. Pasalnya minuman dengan unsur rempah jadi alternatif mendongkrak daya tahan tubuh.

Safandi menyebut proses membuat dugan godok sangat sederhana. Ia menyebut untuk proses merebus memakai dandang dengan bahan bakar kayu. Dugan atau kelapa muda jenis hijau dipilih, saat akan direbus dugan dipangkas bagian cungap atau bibirnya dan bagian bawah. Tujuannya agar semua rempah yang digunakan untuk menggodok mudah meresap melalui serat buah.

Safandi, pemilik usaha minuman dugan godok rempah di Jalan Cut Nyak Dien, Tanjungkarang, Bandar Lampung , Sabtu (3/7/2021). -Foto Henk Widi

“Berbeda dengan dugan bakar, proses dugan godok dilakukan dengan memasukkan bahan rempah ke dalam air untuk merebus dengan waktu perebusan selama kurang lebih delapan jam sehingga dipastikan air rempah yang direbus masuk ke dalam air kelapa godok,” terang Safandi saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (3/7/2021).

Safandi menyebut bahan rempah yang digunakan mudah diperoleh dari wilayah Bandar Lampung. Jenis rempah yang digunakan berupa batang serai atau sereh wangi, kulit kayu manis, akar kulit tanaman kumis kucing, jahe, lengkuas, kapulaga, pala, akar alang alang, buah mahoni, merica, kuning telur, susu, madu. Semua jenis bahan kecuali kuning telur, susu dan madu direbus pada dandang.

Safandi bilang dugan godok yang telah direbus selama delapan jam dipastikan aman. Proses penggodokan dengan kayu bakar memungkinkannya bisa merebus dalam waktu lama. Saat dibuka uap dominan aroma rempah berupa serai wangi akan terasa. Bagi pernapasan aroma jenis serai wangi memiliki terapi yang bagus. Setelah dipesan, dugan godok bisa dikupas, dikerok daging buahnya agar mudah dikonsumsi.

“Setelah dikupas, akan ditambahkan madu dan susu serta kuning telur, sesuai selera jika kurang suka bisa tidak disertakan,” terang Safandi.

Safandi menyebut minuman dugan godok yang disajikan memakai sedotan dari bambu. Cara itu diakuinya menjaga minuman tradisional dari kontaminasi dengan bahan lain. Sejumlah khasiat yang diyakini dari konsumsi dugan godok sebutnya cukup beragam. Manfaat itu meliputi melancarkan sistem pencernaan, mencegah dehidrasi, turunkan tekanan darah, diet, meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain duga godok rempah yang disediakan dengan harga Rp25.000 per buah, Safandi menyediakan dugan segar. Dugan segar tanpa proses perebusan dijual seharga Rp8.000 per buah. Konsumsi air kelapa murni dengan daging buah yang segar sebutnya sangat tepat saat cuaca kemarau dan hawa panas. Sebab air kelapa mengandung ion positif yang bermanfaat menjaga cairan dalam tubuh.

“Saya sediakan puluhan butir per hari dan sebagian digodok untuk konsumen yang ingin mendapatkan khasiat dugan godok maksimal,” cetusnya.

Ernesto, salah satu penikmat dugan godok asal Tanjung Karang, Bandar Lampung menyebut kerap membeli satu butir setiap pekan. Ia menyebut sebagai pekerja kantoran yang kerap melakukan aktivitas dalam ruangan, menjaga stamina tubuh sangat penting. Ia menyebut satu butir dugan godok memiliki khasiat yang baik. Saat menyeruput sensasi rasa manis berpadu dengan beragam rempah.

“Seperti minum jamu namun cairan utamanya berupa air dugan sehingga menyegarkan, rasanya hangat dan harum,” ulasnya.

Pelanggan lain bernama Stevani asal Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras menyebut menyukai aroma air dugan godok. Sebab serai wangi dan kapulaga yang khas memiliki sensasi penggugah selera. Diseruput dalam kondisi hangat membuat uap air dari dugan yang dibuka merasuk dalam rongga pernapasan. Terapi napas dengan menghirup udara dari uap beraroma rempah jadi sensasi menikmati dugan godok. Tahap selanjutnya ia bisa mengobati dahaga dan lapar dari air dan daging buah dugan godok.

Lihat juga...