Es Doger, Minuman Segar Khas Betawi Pelepas Dahaga

JAKARTA — Es doger minuman segar pelepas dahaga yang disajikan dengan cercahan berbahan dasar es batu yang diserut. Minuman khas Betawi ini ditampilkan seperti gumpalan salju yang dikombinasikan dengan pangan seperti ketan hitam, potongan roti warna hijau, mutiara dan irisan buah nangka.

“Es doger ini minuman jadul khas Betawi yang masih disukai masyarakat dari berbagai kalangan,” ujar Ikin, pedagang es doger kepada Cendana News di temui di tempat mangkalnya di Jalan Raya Pekayon, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021).

Dia menyebut, es doger minuman khas Betawi yang terbuat dari dasar es batu yang diserut, diberi santan parutan kelapa dan gula putih yang telah di masak hingga mendidih.

Lalu, santan yang telah didinginkan itu dimasukkan dalam wadah besar berisi gumpulan es batu. Kemudian diberi pewarna alami dan aduk merata hingga warna merah terlihat terang.

Ikin sedang membuat es doger khas Betawi untuk pembelinya di tempat mangkalnya di Jalan Raya Pekayon, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Agar tampil es doger menarik, diberi varian pangan di antaranya potongan roti, mutiara, ketan hitam, dan irisan buah nangka. Semua varian dipadukan dengan gumpalan es parut di dalam gelas plastik, lalu di atasnya dilumerkan susu putih kental.

“Untuk varian pangannya ganti-ganti,kadang pakai buah kelapa muda, tapi ini pakai buah nangka. Rasanya segar dan nikmat sangat cocok diminum pada siang hari dalam cuaca panas,” ujar ayah satu anak ini.

Harga seporsi es doger ini dibanderol Rp5.000. Dalam sehari Ikin menjual hingga 150 porsi es doger. “Alhamdulillah es doger buatan saya banyak yang suka, banyak pelanggan,” ujarnya.

Meskipun dalam kondisi Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tapi menurutnya, es doger buatan dia tetap diburu pembeli setiap harinya. Pembelinya silih berganti berdatangan ke tempat mangkal Ikin berjualan es doger.

Harga seporsi es doger dibanderol Rp5.000. Dalam sehari es doger buatan Ikin terjual  hingga 150 porsi. “Alhamdulillah es doger buatan saya banyak yang suka, banyak pelanggan,” ujarnya.

Seorang penyuka es doger, Estu mengaku, sengaja membeli es doger ini untuk dinikmati bersama para guru di sekolah tempat dia mengajar.

Es doger dengan paduan varian pelengkap seperti buah nangka, ketan hitam dan sobekan roti serta mutiara sangat nikmat dan segar saat diseruput dalam mulut.

“Lelehan es serut dan rasa yang manis dapat melegakan dahaga, terlebih diminum saat cuaca panas,” ujar Estu.

Lihat juga...