Gajahwong Edu Park, RTH di Tengah Kota yang Lahir dari Kepedulian Warga

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Di tengah kawasan pemukiman kota yang sangat padat, sebuah taman luas nan asri nampak rimbun menghijau di kampung Pandean, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Orang-orang biasa menyebut taman ini dengan Gajahwong Educational Park.

Terletak tepat di bantaran sungai Gawahwong, Gajahwong Edu Park, disebut-sebut sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) terbaik yang ada di Yogyakarta. Selain menjadi pusat kegiatan bagi warga sekitar, juga kerap menjadi rujukan sekaligus percontohan pengembangan RTH di berbagai daerah.

Masuk ke Gajahwong Edu Park, kita akan disuguhi pemandangan yang sulit ditemukan di kawasan tengah kota. Hampir seisi jalanan kampung, akan terlihat deretan rumah-rumah warga yang ditumbuhi aneka tanaman hijau nan asri. Tak hanya terawat, jalanan dan taman di sekitar rumah warga itu juga namak begitu bersih dan tertata.

Begitu masuk ke tengah kampung, kita akan melihat sebuah taman asri nan luas yang sangat rimbun. Taman itu ditumbuhi aneka pepohonan yang membuat seluruh area seluas kurang lebih 5000 meter nampak begitu teduh. Tak hanya itu saja, tanaman hias nan cantik juga memenuhi kawasan itu menjadikannya nampak begitu sedap dipandang mata.

Di antara aneka jenis tanaman hijau tersebut, berbagai macam fasilitas pendukung nampak tersedia. Mulai dari gazebo untuk tempat beristirahat, gardu pandang, toilet umum, fitnes outdor, hingga taman bermain untuk anak-anak. Sejumlah kolam kecil dengan sujumlah patung hias berbentuk binatang juga terlihat disana.

“RTH ini sudah ada sejak 2007. Awalnya hanya lahan kosong di pinggir sungai. Karena rawan banjir, akhirnya warga berinisiatif untuk mengubahnya menjadi kawasan hijau yang bisa dimanfaatkan bersama. Dari situlah kemudian berkembang menjadi seperti sekarang. Tentu dengan dukungan berbagai program pemerintah,” ujar salah seorang warga Seno (21/07/2021).

Salah seorang pengunjung, Anwar (33) asal Surakarsan, Mergangsan, Yogyakarta bersama keluarganya Rabu (21/07/2021). Foto Jatmika H Kusmargana

Kini Gajahwong Edu Park, menjadi salah satu kawasan RTH yang banyak dikunjungi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan. Tak hanya warga kampung sekitar saja, namun juga oleh warga dari berbagai daerah. Selain menjadi tempat rekreasi dan bersantai, juga kerap menjadi tempat belajar bagi anak-anak, mahasiswa hingga kelompok masyarakat mengenai pengelolaan lingkungan.

“Setiap pagi dan sore banyak yang datang kesini. Sekedar untuk bersantai atau bermain. Ada juga yang berolahraga. Karena disini juga terdapat area sepeda dan joging track,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung, Anwar (33) asal Surakarsan, Mergangsan, Yogyakarta, mengaku cukup terkesan. Pertama kali datang bersama istri dan kedua anaknya, ia menyebut Gawahwong Gajahwong Edu Park sangat cocok sebagai alternatif tempat rekreasi keluarga di tengah kota.

“Tahu tempat ini dari Googling di internet. Tempatnya enak, rimbun, teduh dan asri. Baru tahu kalau di tengah kota ternyata ada lokasi seperti ini. Bagus untuk bermain anak-anak. Karena banyak wahana permainan. Apalagi gratis dan tidak dipungut biaya. Selain itu juga dekat dengan rumah,” bebernya.

Lihat juga...