Galeri AkuSikka Masuk Nomimasi API 2021

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Galeri Asosiasi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Manengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Sikka (AkuSikka) Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

Ketua asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Manengah serta Ekoomi Kreatif (Ekraft) Kabupaten Sikka (AkuSikka), NTT, Sherly Irawati saat ditemui di kantornya, Kamis (1/7/2021). Foto Ebed de Rosary

“Kami kaget diberitahu masuk menjadi salah satu nominasi API 2021 untuk kategori Destinasi Belanja,” kata Ketua AkuSikka, Kabupaten Sikka, NTT, Sherly Irawati saat ditemui di tokonya di Kota Maumere, Kamis (1/7/2021).

Sherly menyebutkan, AkuSikka saat ini sudah mulai melakukan pendataan anggota yang mau bergabung agar bisa diketahui pasti berapa jumlah pelaku usaha UMKM dan Ekraf di Kabupaten Sikka.

Ia mengharapkan dukungan dari pelaku usaha UMKM dan Ekraf Sikka dan masyarakat agar bisa menang dalam perlombaan API tahun 2021.

“Kami bersyukur bisa masuk dalam nominasi API tahun 2021 padahal organisasi kami baru setahun lebih didirikan. Namun pelaku usaha UMKM dan Ekraf ada yang sudah berusaha selama lima tahun bahkan lebih,” ucapnya.

Sherly menyebutkan, pelaku usaha yang tergabung dalam AkuSikka memiliki beragam produk, dimana pihaknya selalu melibatkan anggota dalam setiap pameran, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Sikka.

Dia mengaku, pihaknya bekerjasama dengan beberapa lembaga agar bisa membantu anggota dalam mengembangkan usahanya, seperti lembaga keuangan serta pemerintah dan pihak swasta.

“Kita berharap agar dengan adanya asosiasi membuat UMKM dan Ekraft di Kabupaten Sikka bisa lebih berkembang. Kita selalu memberikan pelatihan dan membuka akses pinjaman dana agar anggota bisa mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Sementara itu, anggota AkuSikka Elisia Digma Dari mengaku beryukur bisa terlibat karena banyak mendapatkan masukan terkait dengan pengembangan produknya.

Pemiliki Kopi MokBlek ini merasa bangga AkuSikka bisa masuk dalam nominasi API tahun 2021 untuk kategori destinasi belanja sehingga membuat organisasinya lebih dikenal di Indonesia.

“Memang di dalam AkuSikka terdapat berbagai pelaku usaha dengan produk yang dihasilkan. Secara kualitas sudah bagus sehingga dengan bergabung di asosiasi kita mengetahui apa saja kekurangan produk kita yang harus diperbaiki termasuk teknik pemasarannya,” ucapnya.

Chairman API Hiro Kristianto dalam rilis yang diterima Cendana News mengatakan, penyelenggaraan API tahun 2021 ini diikuti oleh 136 daerah kabupaten atau kota yang juga mewakili 27 provinsi.

Hiro menjelaskan, belum ada perubahan dalam jumlah kategori dan nominasi yakni 18 kategori dan 10 nominasi pada setiap kategori sehingga total peserta sebanyak 180 nominasi.

“Panitia Penyelenggara mencatat bahwa beberapa daerah terutama wilayah Indonesia Timur semakin aktif dan giat dalam mengirimkan usulan nominasi,” ucapnya.

Hiro mengakui hal ini sangat menggembirakan karena sebagai pertanda bahwa banyak daerah yang semakin aktif dan giat dalam upaya membangun dan mempromosikan pariwisata kebanggaannya.

Dia menambahkan, dari seluruh nominasi yang masuk, semakin beragam dan banyak sekali destinasi dan produk pariwisata baru yang selama ini mungkin belum terlalu dikenal oleh para wisatawan ataupun masyarakat umum lainnya.

“Hal ini menunjukan bahwa kekayaan Pariwisata Indonesia memang sangat banyak sekali dan tidak akan ada habisnya untuk selalu dieksplorasi,” pungkasnya.

Lihat juga...