Garing dan Renyah Jajanan Kue Ape Berbentuk Cekung

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sejak subuh Budiman, pedagang keliling membawa gerobak roda duanya menjajakan kue tradisional. Salah satu kue yang dijajakan berupa kue ape, camilan yang berbentuk seperti  mangkok.

Ia menyebut jajanan tradisional itu merupakan warisan tradisi kuliner yang sudah ada sejak dulu. Bentuknya yang unik itu disebut juga serabi Jakarta.

Setiap hari Budiman mengaku menjual sekitar 400 buah kue ape, kue cubit dan sejumlah kue lain. Namun karena lebih banyak menjual kue ape, ia dipanggil Budiman Ape. Saat pagi ia akan mencari lokasi mangkal di Jalan Imam Bonjol, Pasar Bambu Kuning, Bandar Lampung. Camilan itu kerap dibeli pelanggan yang ingin membawakan jajanan pasar untuk keluarga. Beberapa rindu akan jajanan tempo dulu yang masih eksis tersebut.

Sebagai kue tradisional, Budiman mengaku bahan yang digunakan cukup sederhana. Bahan kue ape meliputi tepung beras, baking powder, tepung terigu protein sedang, garam, gula pasir, daun suji dan pandan. Sebagai pelengkap sajian kue ape yang dibuat kekinian ia menambahkan keju mozarella, meses sebagai taburan. Susu kental manis sebagai pelengkap.

“Tahap pembuatan kue ape dengan mencampur tepung beras, terigu, backing powder dan garam dengan memakai alat pengaduk lalu tambahkan gula, tambahkan air lalu diuleni, tuang perasan daun suji dan daun pandan lalu kocok hingga semua bahan tercampur merata,” terang Budiman saat ditemui Cendana News, Sabtu (10/7/2021).

Pedagang kue ape, Budiman menyiapkan pesanan kue ape yang dibeli Stevani di Jalan Imam Bonjol, Pasar Bambu Kuning, Tanjung Karang, Bandar Lampung, Sabtu (10/7/2021). -Foto Henk Widi

Budiman yang berbagi resep proses pembuatan kue ape menyebut semua adonan akan didiamkan selama satu jam. Proses fermentasi dan pengembangan membuat adonan bisa memiliki volume dua kali lipat. Dampak bagi pembuatan kue ape, akan mengembang dan menghasilkan tekstur lembut, renyah saat didipanggang. Ia kerap menyediakan adonan untuk diolah bagi pelanggan yang suka sajian hangat.

Adonan yang telah didiamkan sebut Budiman selanjutnya dipanaskan. Proses pemanasan atau pemanggangan sebutnya persis seperti membuat martabak. Ia memakai alat pemanggang anti lengket sehingga menghasilkan kue ape garing. Sebelum pemanggangan pada alat pemanggang diolesi dengan minyak agar menghasilkan kulit yang renyah.

“Tekan bagian tengah membentuk cekung hingga sisi berkulit menghasilkan tekstur garing dan lembut pada bagian dalam dan aroma wangi pandan tercium,”ulasnya.

Kue ape yang dijajakan sebut Budiman sebagian diolah di rumah. Namun agar lebih menarik minat konsumen dengan ciri khas aroma pandan, aroma panggangan ia membuat kue ape saat ada pemesan. Menikmati kue ape dalam kondisi hangat sebutnya seperti memakan pancake yang renyah. Setelah matang kue ape bisa ditaburi meses, parutan keju dan susu kental manis.

Menjual kue ape sebagai jajanan pasar, sejak subuh ia bisa menjual 200 hingga 300 kue ape. Menjual kue ape seharga Rp1000 Ia bisa mengantongi uang sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000 dari sejumlah kue lain yang juga dijual. Selain di pasar saat kondisi normal ia berjualan di depan sejumlah sekolah. Namun selama pandemi ia lebih fokus berjualan di pasar imbas sejumlah sekolah melakukan belajar online.

Penyuka kue ape, Stevani menyebut dari beragam jajanan pasar, kue ape jadi favorit keluarganya. Kue yang garing, renyah kerap dipesan olehnya ketika berbelanja. Ia memilih kue ape yang selesai dipanggang, namun jika mendapat kue api dingin bisa dipanaskan ulang. Taburan meses dan susu menjadi tambahan yang disukai sang anak.

“Kue ape seperti pancake berbentuk cekung bisa dikombinasikan dengan es krim jika dimakan siang sehingga disukai anak anak,”ulasnya.

Kristina sang anak mengaku kue ape jadi menu pengganti makan pagi yang tepat. Tekstur garing pada bagian tepi dan lembut pada bagian tengah jadi paduan yang lezat. Ditambah taburan meses dan taburan keju, kue ape semakin lezat menemani secangkir teh hangat. Menikmati kue ape dalam kondisi hangat sebutnya cocok disantap saat kondisi cuaca dingin musim penghujan.

Lihat juga...