Iduladha di China Dirayakan Pada Selasa (20/7)

Ilustrasi. Masjid Huxi, di Shanghai, China - foto Ant

BEIJING – Umat Islam di China memastikan, Hari Raya Iduladha, 10 Dzulhijjah 1442 Hijriah, bertepatan dengan 20 Juli 2021. Kepastian tersebut diperoleh, setelah Asosiasi Islam China (CIA) mengeluarkan ucapan selamat Hari Raya Kurban atau Guerbang Jie pada Senin (19/7/2021).

“Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan selamat kepada seluruh umat Islam dari berbagai kelompok etnis di seluruh pelosok negeri,” demikian pernyataan CIA, dalam laman resminya, Senin (19/7/2021).

CIA berharap, semua umat Islam dalam keadaan sehat dan berbahagia menyambut Hari Raya Iduladha. “Berdoalah agar Allah yang Maha Besar, memberikan pertolongan kepada kita,” pernyataan lebih lanjut dari CIA.

Beberapa masjid di Beijing, bakal menggelar salat Iduladha mulai pukul 08.00 waktu setempat atau sekira 07.00 WIB. Sebelum rangkaian salat Iduladha dimulai, biasanya diisi dengan tausiyah, dengan berbahasa Mandarin.

Sehari sebelumnya, CIA juga telah merilis tata cara salat Iduladha melalui laman resminya. Setelah dua khotbah Iduladha dibacakan oleh khatib, dengan menggunakan bahasa Arab, akan dilanjutkan dengan penyembelihan binatang kurban. CIA mengumumkan, satu ekor kambing untuk kurban satu orang, sedangkan satu ekor sapi untuk tujuh orang. Hari Raya Iduladha di China, lebih semarak daripada Hari Raya Idulfitri. (Ant)

 

 

Lihat juga...