India Catat 41.506 Kasus Baru, Australia Laporkan Kematian Covid-19

MUMBAI — India melaporkan 41.506 kasus baru dan 895 kematian akibat COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Data Kementerian Kesehatan India juga mencatat kasus aktif di negara itu kini mencapai 454.118.

Sebelumnya pada Jumat (9/7), seorang pejabat pemerintah mengatakan gelombang kedua pandemi, yang muncul sejak Maret dan menewaskan ribuan orang, belum juga berakhir.

“Perang belum usai,” kata Vinod Kumar Paul, kepala badan pemerintah federal yang menangani vaksin, dalam sebuah konferensi pers.

Peringatan dari Vinod itu muncul beberapa menit setelah sebuah video memperlihatkan orang-orang tanpa masker memenuhi lokasi wisata air terjun di Negara Bagian Uttarakhand di pegunungan Himalaya

Otoritas kesehatan mengatakan lebih dari setengah kasus baru COVID-19 di India berasal dari wilayah selatan, Kerala, dan wilayah barat, Maharashtra.

Australia Laporkan Kematian Covid Pertama 2021

Sementara itu, Australia, Minggu, melaporkan kematian COVID-19 pertama 2021 dan rekor 77 kasus baru di Negara Bagian New South Wales (NSW), yang sedang memerangi wabah varian Delta sangat menular.

Pemimpin pemerintahan NSW Gladys Berejiklian mengatakan jumlah COVID-19 di kota terbesar Sydney dan sekitarnya, yang sedang berada dalam penguncian tiga pekan, diperkirakan akan terus bertambah dalam beberapa hari ke depan.

“Saya mengantisipasi jumlah di New South Wales akan lebih tinggi dari 100 besok,” kata Berejiklian saat konferensi pers. “Saya akan terkejut jika jumlahnya kurang.”

Pada Sabtu (10/7) tercatat 50 kasus, yang sebelumnya merupakan rekor tertinggi selama 2021. Angka itu menambah wabah baru-baru ini menjadi 566 kasus.

Dari kasus yang dilaporkan pada Minggu, sebanyak 33 orang beredar di antara masyarakat selagi mengidap COVID-19, sehingga menambah kekhawatiran bahwa penguncian lebih dari lima juta orang di Sydney dan sekitarnya bakal diperpanjang. (Ant)

Lihat juga...