Ini Rahasia Kelezatan Kuliner Kakap Bumbu Rujak

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Siapa yang tidak mengenal ikan kakap. Tekstur daging ikan yang lembut dan manis, menjadikan komoditas bahari ini, cocok untuk diolah menjadi aneka makanan yang enak nan lezat.

Termasuk salah satunya, masakan kakap bumbu rujak. Kuliner yang satu ini, memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga sanggup memancing selera makan.

Meski untuk membuatnya tidak terlalu sulit, namun jika salah mengolah, hasilnya akan terasa hambar, bahkan tidak enak. Lalu apa kuncinya agar olahan kakap bumbu rujak ini terasa enak?

“Kelezatan masakan ini, dipengaruhi oleh penggunaan bumbu yang pas dan sesuai serta cara pengolahannya. Dari segi bumbu, penggunaan daun koro keling, menjadi salah satu kuncinya,” papar Suryani, pemilik warung makan di kawasan Tembalang Semarang, saat ditemui di warung tersebut, Sabtu (3/7/2021).

Suryani, pemilik warung makan di kawasan Tembalang Semarang, saat ditemui di warung tersebut, Sabtu (3/7/2021). -Foto Arixc Ardana

Daun koro keling, sering juga disebut daun koja atau salam koja, yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Daun ini juga digunakan untuk olahan masakan kari sehingga kerap disebut daun kari.

“Fungsinya hampir salam dengan daun salam, namun baunya lebih tajam. Ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis ikan, jadi masakan terasa lebih sedap,” terangnya.

Mbak Sur, panggilan akrabnya, menjelaskan untuk membuat kakap bumbu rujak, bahan yang dibutuhkan berupa ikan kakap, bawang merah – putih, daun koro, cabai, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, tomat, lengkuas, serai hingga air asam jawa.

“Semua bumbu dihaluskan, kemudian ditumis. Lalu masukan daun salam, koro keling, daun jeruk, lengkuas serta sereh. Tumis sampai harum. Kemudian masukkan air dan santan, tomat. Kalau sudah mendidih, masukkan ikan kakap yang sudah digoreng sebelumnya.Beri bumbu penyedap. Jangan lupa di tes rasa, kalau sudah pas, berarti siap disajikan,” terangnya.

Sementara, penikmat olahan kakap bumbu rujak, Yulianto mengaku kuliner yang satu ini, memiliki rasa yang khas. “Dari aromanya saja sudah bikin lapar, apalagi saat dicoba, semakin terasa enak,” terangnya.

Dipaparkan, perpaduan antara lembutnya daging ikan kakap dengan kuah bumbu rujak, yang pedas gurih, menjadi kombinasi pas untuk menggugah selera.

“Apalagi dimakan bareng nasi hangat ditambah kerupuk. Cocok buat mengganjal perut yang sedang kelaparan,” pungkasnya.

Lihat juga...