Insentif Penggali Makam COVID-19 di Sidoarjo Akhirnya Dicairkan

Petugas penggali makam di Delta Praloyo, Sidoarjo - Foto Ant
SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, akhirnya mencairkan insentif untuk petugas penggali makam pasien COVID-19, yang bertugas di komplek pemakaman Delta Praloyo, Sidoarjo, Dana yang dicarikan senilai Rp1,2 miliarm untuk lima orang petugas.

Bupati Sidoarjom Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, para penggali makam sudah mendapatkan haknya dengan menerima gaji rutin setiap bulan. “Hanya saja, yang belum diterima oleh para penggali makam yang berjumlah lima orang itu adalah insentif. Belum diberikannya insentif tersebut karena adanya masa transisi kebijakan dari era sebelumnya,” kata Gus Muhdlor, Sabtu (3/7/2021)

Insentif tersebut, jumlahnya cukup besar. Setiap orangnya mendapatkan Rp1 juta setiap satu lubang makam, dengan jumlah tim penggali makam ada lima orang. “Jadi anggaran yang dikeluarkan pemkab setiap makam Rp5 juta. Perkiraan total insentifnya sekitar Rp1,2 miliar,” ujarnya.

Dari pengeluaran tersebut, Gus Muhdlor akan mengevaluasi tingginya nilai insentif penggali makam tersebu. Hal itu dikarenakan, jika dibandingkan dengan tenaga kesehatan, maka masih lebih tinggi insentif para penggali makam tersebut.

Sebelumnya, Gus Muhdlor sudah menemui kelima orang penggali makam di komplek makam Praloyo, desa Gebang Lingkar Timur. Gus Muhdlor menerima keluhan dan berjanji segera menyelesaikan persoalan insentif, yang belum terbayar selama kurang lebih 7 bulan.

Dalam pertemuan itu, Gus Muhdlor juga minta pengertian dari para penggalo makan, jika nanti ada perubahan insentif yang diterima, karena jumlahnya selama ini dinilai fantastis. Meski begitu, Gus Muhdlor menyadari, tugas penggali makam COVID-19 tidak ringan, penuh resiko, seperti halnya para tenaga kesehatan di rumah sakit COVID-19.

“Tugas mereka berat, seperti akhir – akhir ini saja, sehari bisa sampai 20 lubang yang mereka siapkan. Jumlah itu untuk pemakaman satu hari. Tapi mereka semua komitmen dengan pekerjaannya,” ucap Gus Mudhlor. (Ant)

Lihat juga...