Jadikan Momentum di Rumah untuk Tingkatkan Imunitas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, dr Tegar Jati Kusuma di ruang kerjanya, Jumat (9/7/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

BANJARNEGARA — Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat saat ini, sebaiknya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang harus berkerja ataupun memperbanyak aktivitas di rumah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Caranya cukup mudah, hanya dengan istirahat cukup serta konsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta vitamin.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, dr Tegar Jati Kusuma mengatakan, meskipun di rumah saja, namun bukan berarti semua aktivitas terhenti. Dokter muda ini menyarankan agar masyarakat tetap menjalankan aktivitas seperti olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Selain olahraga ringan di rumah, juga perlu diperhatikan konsumsi makanan yang gizinya mencukupi dan perbanyak pula minum air putih,” katanya, Jumat (9/7/2021).

Meskipun di rumah, lanjutnya, menjaga kebersihan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) juga harus tetap dilakukan. Antara lain dengan rajin mencuci tangan setiap kali melakukan kegiatan serta setiap kali akan makan.

“Selama tinggal di rumah, baik itu sambil bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya, bukan berarti abai terhadap kesehatan. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan langkah pencegahan agar sistem imun terus terjaga tetap harus dilakukan,” jelasnya.

Menurut dr Tegar, memiliki waktu istirahat yang cukup juga sangat penting, sehingga rutinitas tidur yang teratur perlu dilakukan agar hari-hari tetap berjalan sesuai pola normal. Jangan terlalu sering begadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan. Mengingat, ketika hanya di rumah saja, seringkali orang menjadi kesulitan untuk tidur pada malam hari, karena kurangnya aktivitas fisik pada siang harinya.

“Banyak yang mengatakan bahwa tinggal di rumah selama pandemi Covid-19 adalah momen baik bagi tubuh untuk menjalani rutinitas yang teratur. Sehingga harus diperhatikan aktivitasnya serta asupan makanan, gizi dan vitamin,” pesannya.

Sementara itu, salah satu warga Banjarnegara, Nugroho mengatakan, meskipun work from home (WFH), namun ia selalu berusaha untuk menciptakan kegiatan di rumah, sehingga aktivitas fisik tetap terjaga. Misalnya, di sela-sela waktu luang bisa diisi dengan membersihkan rumah dan halaman, berkebun atau bisa juga membantu istri memasak.

“Selain olahraga ringan, sebenarnya banyak aktivitas di rumah yang bisa kita lakukan dari membereskan rumah, membersihkan halaman ataupun menekuni hobi berkebun atau memelihara burung. Tetap seimbang antara kegiatan fisik dan rutinitas kerja daring yang dilakukan dari rumah. Bagaimanapun aktivitas fisik sehari-hari tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh kita,” ucapnya.

Lihat juga...