Jaga Kebugaran Tubuh Penting Kala PPKM Darurat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Sejumlah tempat senam, gym dan latihan kebugaran fisik di Kota Bandar Lampung yang sementara berhenti beroperasi tidak halangi warga berolahraga. Sejumlah olahraga alternatif tetap dilakukan agar mendapatkan stamina prima.

Kegiatan olahraga perseorangan tanpa berkelompok dilakukan Zalfandi. Penghobi road bike itu menyebut berkeliling setiap pagi di sejumlah jalan. Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejumlah akses jalan ditutup. Kondisi itu sebutnya justru memberi peluang baginya untuk melintas di sejumlah ruas jalan yang lengang. Selain di pusat kota aktivitas road bike dilakukan olehnya di jalan pinggiran kota Bandar Lampung.

Zalfandi yang memiliki road bike tipe dropbar menyebut posisi badan cenderung membungkuk. Cara itu bertujuan mengurangi hambatan angin depan memaksimalkan kecepatan sepeda.

“Biasanya saya melakukan road bike dengan menyusuri jalan protokol kota Bandar Lampung yang telah diberi jalur sepeda di lajur paling kiri, namun selama PPKM Darurat membuat saya memilih rute lain yang tetap bisa dilakukan pada lokasi jalan beraspal, aktifitas fisik tetap dilakukan rata rata satu jam untuk menjaga stamina tubuh,” terang Zalfandi saat ditemui Cendana News, Jumat (16/7/2021).

Tetap bekerja dengan sistem work from home (WFH) memberinya kesempatan untuk tetap olahraga road bike. Sebelum pandemi Covid-19 ia mengaku berolahraga dengan komunitas pecinta road bike. Namun sementara ditunda hindari kerumunan aktifitas.

Olahraga dengan sepeda gunung (mountain bike) jadi pilihan Hendri, warga Panjang, Bandar Lampung. Ia mengaku hobi berpetualang membuat ia bisa melakukan olahraga ke sejumlah tempat yang masih memiliki udara bersih.

“Biasanya kami berolahraga MTB ke wilayah Teluk Betung Barat, menyusuri pantai dan perbukitan untuk rekreasi sekaligus mendapat udara bersih,” ulasnya.

Kegiatan olahraga sepeda gunung sebutnya memiliki manfaat menjaga kebugaran tubuh. Otot tangan, kaki dan seluruh tubuh bisa terjaga dengan baik selama melakukan olahraga.

Kondisi jalanan yang lengang dimanfaatkan Hendrawan di Tanjung Karang, Bandar Lampung. Ia menyebut bisa berolahraga dengan nyaman di sejumlah trotoar. Sebab semua toko non kritikal dan esensial tidak beroperasi sehingga tidak ada kendaraan.

“Olahraga di lapangan Saburai normalnya dilakukan untuk senam massal, olahraga lain namun selama PPKM darurat lebih sepi,” ulasnya.

Latihan fisik pull up untuk melatih kekuatan otot dilakukan Firmansah (kanan) di lapangan Saburai, Bandar Lampung, Jumat (16/7/2021). Foto: Henk Widi

Lokasi yang ditumbuhi rerimbunan pohon juga dimanfaatkan Firmansah. Penyuka atletik itu mengaku melakukan latihan push up, pull up dan lari untuk menjaga kebugaran tubuh. Sebelumnya ia bisa melakukan latihan fisik pada sejumlah tempat gym dalam ruangan. Namun operasional gym ditutup sementara waktu.

Alternatif olahraga sebutnya dilakukan di ruang terbuka hijau yang lebih sejuk. Pembatasan aktivitas dengan kendaraan sebutnya tidak menjadi halangan. Sebab bagi pecinta olahraga atletik ia bisa melakukan jalan santai.

Lihat juga...