Jaringan Internet Masih Jadi Kendala Pengembangan Sektor Pariwisata di Bantaragung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAJALENGKA — Ketersediaan jaringan internet masih menjadi salah satu kendala utama pengembangan sektor pariwisata di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Bantaragung Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat hingga saat ini.

Manager Umum Koperasi Cipta Agung Mandiri, Heriyanto. Foto: Jatmika H Kusmargana

Hal itu tak lepas karena desa Bantaragung yang merupakan desa binaan Yayasan Damandiri ini terletak di kawasan lereng gunung Ciremai yang cukup terpencil. Sehingga tak semua wilayah desa bisa terjangkau jaringan internet, yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini.

Manager Umum Koperasi Cipta Agung Mandiri, Heriyanto, selaku pelaksana program DCML di desa Bantaragung, mengakui hal tersebut. Karena itu ia menilai persoalan ini harus dapat segera diatasi agar pengembangan sektor pariwisata di Bantaragung bisa berjalan maksimal.

“Ya internet masih menjadi kendala utama disini. Bahkan anak-anak sekolah di Bantaragung ini harus rela bersusah payah, untuk bisa mengerjakan tugas sekolah selama pandemi. Mereka bahkan sampai harus naik ke atas bukit, hingga ke atap-atap rumah untuk sekedar bisa mendapatkan jaringan internet,” katanya.

Lihat juga...