Juarai Etape 18, Pogacar Kian Kencang Kenakan Jersey Kuning Tour de France

Pebalap Tim UAE Emirates asal Slovenia, Tadej Pogacar, merayakan keberhasilan mempertahankan pemimpin klasemen umum atau jerse kuning di setelah menjuarai Etape ke-18 Tour de France yang menempuh jarak 129 km dari Pau sampai Luz Ardiden pada 15 Juli 2021 - Foto Ant
JAKARTA – Tadej Pogacar, di ambang mempertahankan gelar Tour de France, ketika Kamis (17/6/2201), kembali mencatat kemenangan penting dengan menjuarai etape ke-18. Etape yang menempuh jarak sejauh 129,7 km, dengan rute berupa rute pegunungan dari Pau sampai Luz Ardiden.

Akselarasi brutal pebalap Slovenia ini pada 500 meter menjelang finis, di puncak Luz Ardiden, tak bisa diimbangi oleh dua lawannya, Jonas Vingegaard dari Denmark dan Richard Carapaz dari Ekuador, yang finis dua detik di belakangnya untuk masing-masing menduduki urutan kedua dan ketiga.

Secara keseluruhan, Pogacar kini mencatat keunggulan sangat besar lima menit 45 detik, di depan Vingegaard. Sedangkan Carapaz, menempati urutan ketiga klasemen umum yang terpaut enam detik di belakang Vingegaard. Pebalap sepeda Kolombia, Rigoberto Uran, yang mengawali etape ini dengan bekal posisi keempat di klasemen umum, tercecer pada pendakian kedua dari belakang menuju Col du Tourmalet untuk keluar dari 10 besar.

Pebalap sepeda Australia, Ben O’Connor, kini menyalip ke urutan keempat dengan terpaut 8 menit 18 detik, dua hari sebelum etape terakhir individual time trial  yang akan berlangsung Sabtu (19/7/2021) lusa. (Ant)

 

Lihat juga...