Kamis Pagi, Dinamika Saham di Australia Menguat

SYDNEY – Saham-saham Australia menguat pada awal perdagangan Kamis pagi, didorong oleh keuntungan di sektor pertambangan dan industri, karena risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve AS menunjukkan bahwa pengetatan kebijakan mungkin masih membutuhkan waktu.

Indeks acuan S&P/ASX 200 naik 0,58 persen menjadi diperdagangkan di 7.369,7 poin pada pukul 00.45 GMT. Sehari sebelumnya, indeks S&P/ASX 200 ditutup bertambah 0,90 persen menjadi 7.326,9 poin, tertinggi sejak 22 Juni, setelah naik hampir 1,0 persen selama sesi.

Di tempat lain, indeks acuan Nikkei 225 Jepang turun 0,42 persen, sementara indeks berjangka E-mini S&P 500 stabil.

Membantu sentimen, indeks Wall Street mencatat rekor penutupan tertinggi semalam karena risalah Fed menunjukkan para pejabat merasakan kemajuan substansial lebih lanjut pada pemulihan ekonomi

“Secara umum dipandang belum terpenuhi,” tetapi setuju untuk bertindak jika inflasi atau risiko lainnya meningkat.

Saham sektor pertambangan domestik melonjak 1,8 persen ke level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu, dibantu oleh kenaikan harga logam.

Penambang kelas berat BHP Group dan Fortescue Metals Group masing-masing terangkat 1,5 persen dan 1,2 persen, karena harga bijih besi dan tembaga naik.

Saham-saham terkait emas juga menguat untuk sesi keempat berturut-turut, karena harga logam kuning naik didorong penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Produsen emas independen terkemuka Newcrest Mining terdongkrak 0,8 persen ke level tertinggi dalam tiga minggu, sementara rekannya yang lebih kecil Bellevue Gold melonjak 2,5 persen.

Saham sektor industri naik lebih dari 1,0 persen, didorong oleh keuntungan di Sydney Airport Holdings yang melonjak 2,7 persen setelah laporan media dari sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Macquarie Group mempertimbangkan tantangan potensial untuk tawaran 22,3 miliar dolar Australia (16,64 miliar dolar AS).

Macquarie Group, yang naik 0,6 persen, mengatakan pada Kamis akan membeli ekuitas global AMP Capital dan bisnis fixed income hingga 185 juta dolar Australia (138,05 juta dolar AS).

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru sebagian besar datar, karena kenaikan di antara sektor keuangan diimbangi oleh kerugian di antara saham utilitas dan industri. (Ant)

Lihat juga...