Kangen Sate Maranggi, Buat Sendiri Saja di Rumah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Sate maranggi termasuk makanan yang cukup digemari beberapa tahun belakangan ini. Tapi selama masa pandemi banyak yang mengeluhkan tidak bisa memasak sendiri. Padahal, untuk memasak sate maranggi sendiri di rumah sama sekali tidak susah.

Chef William Wongso menyebutkan, jika ingin membuat sate enak, maka daging sapi terlebih dahulu dibungkus dengan cling warp lalu dimasukkan ke chiller, untuk melayukan daging.

“Untuk memasak sate maranggi sendiri di rumah, kita bisa menggunakan bumbu dasar putih, sebanyak 5 sendok makan untuk setengah kilo daging. Tambahkan juga ketumbar, gula merah dan garam sedikit,” kata Chef William Wongso dalam acara online kuliner Indonesia, Sabtu (17/7/2021).

Chef William Wongso, saat mengikuti salah satu acara kuliner, 12 Juni 2021 lalu – Foto: Ranny Supusepa

Aduk semua bumbu dengan rata lalu tambahkan air asam jawa, yang dibuat dari asam jawa yang diremas-remas dengan air.

“Tuangkan air asam ini secukupnya ke dalam bumbu, aduk rata. Kalau sudah tercampur rata, masukkan satu sendok bumbu dasar merah dan aduk rata lagi,” ujarnya.

Ia menyebutkan jika sudah diaduk rata, campuran tersebut bisa dicicipi dahulu untuk mengetahui rasa manisnya apakah sudah cukup atau belum.

“Jika belum cukup tambahkan lagi gula merahnya lagi. Kalau sudah pas rasanya, campurkan dengan daging yang sudah dipotong-potong. Tambahkan kecap manis sedikit untuk memberikan warna pada daging sate. Lalu biarkan sebentar sebelum mulai ditusukkan di tusuk sate,” ujarnya.

William menyatakan jika tidak ingin repot membuat tungku dengan arang di rumah, dapat menggunakan panci teflon dan penyembur api untuk memasak sate maranggi.

“Sambil menunggu daging sebelum dibakar dengan teflon, bisa disiapkan cocolan untuk satenya dahulu. Yaitu menggunakan kecap, bawang merah, cabe, tomat dan perasan jeruk nipis,” katanya.

Sebelum memasukan daging sate, beri panci teflon sedikit minyak baru dimasukkan daging satenya.

“Jika sudah terlihat berubah warna, balikkan daging, tunggu sebentar lalu gunakan penyembur api untuk memberikan efek gosong pada sate dan juga memunculkan aroma terbakar, seperti saat sate dimasak dengan arang,” ujar William.

Ia menyebutkan untuk memanggang menggunakan kompor ini tidak akan selama jika menggunakan arang.

“Sebentar saja, paling hanya 5 -10 menit saja, daging satenya sudah matang. Kita beri paparan api dengan penyembur api juga tidak lama. Jadi enaknya, dagingnya sudah disiapkan, saat mau makan baru dimasak di teflon itu,” tuturnya.

Begitu matang, langsung oleskan bumbu kecap yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Susun di piring dan siapkan bumbu kecapnya terpisah. Sudah siap dan tinggal santap. Tidak lama dan tidak pakai bau arang. Dan yang penting, makan enak serta sehat tanpa perlu keluar rumah,” pungkasnya.

Lihat juga...