Keluarga Cendana Serahkan 24 Ekor Sapi Kurban ke Masjid Agung At Tin

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Pada perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah, keluarga besar Presiden kedua RI, Jenderal Besar HM Soeharto menyerahkan 24 ekor sapi kurban kepada pengurus Masjid Agung At Tin untuk dibagikan kepada masyarakat.

Wakil Ketua 1 Masjid Agung At-Tin, Mayor Jenderal TNI (Purn), Agus Gunaedi Pribadi, saat ditemui di area pemotongan hewan kurban di Masjid Agung At Tin, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021). foto: Sri Sugiarti.

Penyerahan hewan kurban ini dilakukan secara simbolis oleh Mayor Jenderal TNI (Purn) Maliki Mift, sebagai perwakilan keluarga besar Cendana kepada Ketua Harian Masjid Agung At Tin, Muhammad Sutia Tubagus di lokasi pemotongan area masjid setempat di Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).

“Saya mewakili keluarga besar Bapak HM Soeharto, menyerahkan hewan kurban sapi, semoga berkah dan bermanfaat bagi sesama umat manusia,” ujar Maliki, kepada Cendana News ditemui usai penyerahan hewan kurban dari keluarga Cendana secara simbolis.

Menurutnya, sebanyak 24 ekor sapi ini untuk dibagikan sebagai hewan kurban dengan niatan supaya di tengah-tengah kesulitan sekarang ini, di tengah pandemi Covid-19 dapat meringankan beban masyarakat di sekitar Masjid Agung At Tin.

“Kurban ini sebagai kewajiban umat Islam setiap tahunnya keluarga Cendana melaksanakan sebagai momentum mengingat kepada Allah SWT atas nikmat berkah yang diberikan, juga agar berbagi pada sesama,” ungkap Maliki.

Dikatakan Maliki, pada perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah, keluarga Cendana berkurban tidak hanya di Masjid Agung At-Tin, tapi juga di Kalitan dan Astana Girimangun, Solo, Yogyakarta, dan pondok pesantren.

Wakil Ketua 1 Masjid Agung At-Tin, Mayor Jenderal TNI (Purn), Agus Gunaedi Pribadi mengatakan, keluarga Cendana setiap tahun rutin berkurban dengan jumlah yang banyak.

“Alhamdulillah dari keluarga almarhum Pak Harto dan almarhumah Ibu Tien Soeharto, kurban sapi 24 ekor. Ini keberkahan berbagi kepada sesama, dan menjadi ladang ibadah bagi keluarga besar Cendana,” ujar Agus kepada Cendana News.

Menurutnya, keluarga Cendana rutin melaksanakan kurban dengan sapinya dari Tapos, Jawa Barat dan kemudian disembelih di area Masjid Agung At-Tin.

Daging sapi yang telah dipotong akan didistribusikan atau dibagikan kepada masyarakat di sekitar Masjid Agung At Tin. Pembagian daging kurban ini dengan menggunakan kupon yang telah dibagikan sebelumnya. Namun untuk pengambilan diwakili oleh perwakilan dari tokoh masyarakat, pondok pesantren dan masjid sekitarnya.

“Daging kurban dibagikan kepada kaum dhuafa, anak yatim, pondok pesantren dan lainnya. Inshaallah pembagian merata karena sudah terdata oleh semua perwakilan yang mengambil dagingnya ke sini,” ujar Agus.

Sebanyak 24 ekor sapi kurban dari keluarga besar Cendana yang diserahkan kepada pengurus Masjid Agung At Tin untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat di sekitar masjid, Selasa (20/7/2021). foto: Sri Sugiarti.

Agus berharap semua yang dilakukan dengan berkurban ini menjadi amalan terbaik bagi keluarga Cendana, senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

“Terkhusus kepada almarhum Pak Harto dan almarhumah Ibu Tien Soeharto, semoga ditempatkan di surganya Allah SWT, dan keluarga besar Cendana juga mendapatkan limpahan nikmat sehat dan rejeki. Aamiin,” tutup Agus.

Lihat juga...