Kemangi, Tanaman Pendamping yang Menjanjikan dan Miliki Banyak Manfaat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Memiliki aroma khas, daun kemangi dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari kandungan gizinya baik untuk dikonsumsi, lazimnya sebagai lalapan atau pelengkap makanan sebagai campuran pepes. Manfaat lainnya dari Kemangi juga menjaga lingkungan dan menambah pemasukan.

Cara tanamnya pun terbilang mudah, hanya dengan menebar bibit di atas lahan yang telah disediakan. Tapi, tetap harus memperhatikan musim, ketika terlalu banyak hujan tanaman ini tidak maskimal.

“Sekarang waktu yang cocok buat tanam kemangi, hujannya jarang, harganya pun sekarang masih tinggi perikatnya. Waktu panennya pun tidak sampai 30 hari, sudah langsung cabut,” ungkap Jasmari, Petani Budidaya kemangi di Jatimekar, Senin (5/7/2021).

Jasmari menyebutkan, kemangi dapat digunakan sebagai pendamping untuk sayuran lainnya. Selain itu juga bisa ditanam di rumah menggunakan pot. Cocok untuk mengusir nyamuk dan lainnya karena Kemangi memiliki aroma yang sangat aromatik cocok untuk dijadikan minyak pijat.

Sebagian orang juga percaya bahwa mengkonsumsi kemangi dapat menjadikan sebagai obat herbal untuk meredakan batuk, flu dan lainnya. Bahkan dipercaya menangkal DBD, meredakan stres dan menangkal dari radikal bebas.

“Kemangi ini banyak manfaatnya, panennya pun bisa beberapa kali, dalam sekali tanam,” jelas Warsi.

Kemangi bagi Warsi dan Jasmari, di lahan garapannya hanya sebagai tanaman pendamping, seperti bayam, kangkung dan lainnya. Kemangi, hanya sebagai tanaman penyelang karena saat ini cuaca sedang tidak sering hujan.

Lihat juga...