Khasiat Kelapa Hijau Diyakini Tangkal Virus Corona

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA –  Air kelapa hijau banyak diburu masyarakat Jakarta karena dianggap dapat membasmi virus corona atau Covid-19, dan mampu membantu pemulihan orang yang terpapar virus ini.

Sehingga tak heran pedagang kelapa hijau kewalahan dalam melayani pembeli. Salah satunya Agus, pedagang kelapa hijau yang setiap hari kebanjiran pembeli.

Menurutnya, sejak Covid-19 melanda penjualan kelapa hijau terus meningkat, sehari mencapai 150-200 butir.

“Berkah banyak diburu di tengah meroketnya kasus Covid-19. Air kelapa hijau ini dipercaya bisa tangkal virus corona dan nyembuhin. Banyak orang yang tadinya terpapar, terus beli kelapa hijau di sini, katanya badannya jadi lebih sehat,” ujar Agus, kepada Cendana News ditemui di warungnya di Jalan Kalisari 3, Jakarta Timur, Jumat (30/7/2021).

Denti Yuniati (43) salah satu pembeli mengatakan, dirinya pernah terpapar Covid-19 hingga kemudian dirawat di rumah sakit di daerah Gatot Subroto.

“Saya pernah kena virus ini dari klaster perkantoran dan dirawat 10 hari di RS,” ujar Denti kepada Cendana News  ditemui di warung kelapa hijau itu.

Setelah pulang ke rumah dalam masa penyembuhan total, dirinya kerap meminum air kelapa hijau. Tujuannya untuk menghilangkan sisa virus di dalam tubuh.

“Saya rutin minum air kelapa ini dicampur madu dan perasan air jeruk. Kadang juga cuma air kelapanya saja, khasiatnya untuk tubuh,” ujarnya.

Begitu juga dengan Nadimto (36), salah satu penyintas Covid-19 yang mengaku sembuh berkat khasiat air kelapa hijau.

Dia mengaku selama menjalani masa isolasi mandiri di bulan awal Juni lalu, ia rutin minum air kelapa dicampur madu dan garam.

Setelah rutin meminum air kelapa putih, menurutnya, perlahan kondisi kesehatannya membaik. Hingga akhirnya hasil pemeriksaan dinyatakan negatif Covid-19.

“Saya mah mesti sudah sembuh juga tetap minum air kelapa hijau, kandungan mineral dan vitaminnya bagus untuk imunitas,” kata Nadimto.

Dia percaya bahwa kunci kesembuhan adalah menjaga agar tubuhnya mendapatkan kecukupan cairan dengan baik.

“Ya virus Corona ini nggak ada obatnya, tapi kita yakin untuk sembuh itu, tubuh kita harus cukup cairan. Nah dengan minum air kelapa ini, tubuh kita tetap mendapat cairan dan energi,” ujar Nadimto, karyawan swasta ini.

Kandungan mineral dan vitamin air kelapa hijau menurutnya, mampu memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus ini. Di samping tentu kata dia, harus rutin juga minum obat dari resep dokter atau yang diberikan tim satgas Covid-19.

Tak cuma penyintas Covid-19, masyarakat yang telah divaksin pun banyak memburu air kelapa hijau ini. Salah satunya, Agung (50) yang mengaku baru saja divaksin pertama.

Untuk menetralisasi tubuh, ia pun meminum air kelapa hijau. “Khasiat air kelapa ini untuk jaga stamina tubuh, dan bisa netralin fungsi vaksin,” ujar Agung.

Dia mengaku rutin minum air kelapa hijau ini, seminggu dua kali. Tujuannya untuk menjaga imunitas tubuh apalagi di tengah wabah pandemi Covid-19 yang masih tinggi.

Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia (UI), dr. Saptawati Bandosono mengatakan, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa air kelapa hijau sebagai obat.

Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), dr. Saptawati Bandosono, saat diskusi online tentang kesehatan di Jakarta yang diikuti Cendana News, Jumat (16/4/2021) lalu. Foto: Sri Sugiarti.

“Kandungan mineral dan vitamin air kelapa bisa dianggap berkhasiat bagi kesehatan tubuh, meningkatkan imunitas dari kandungannya. Tapi belum ada penelitian sebagai obat menyembuhkan Covid-19,” ujar dr. Saptawati.

Dikatakan dia, air kelapa hijau mengandung antioksidan dan asam animo yang dapat membantu meningkatkan kadar antibodi.

Dan karena rendah kalori, maka air kelapa hijau dapat menjadi pilihan sehat untuk menggantikan minuman lain, seperti jus kemasan.

Kandungan antioksidannya yang tinggi akan membantu tubuh menetralisasi stres oksidatif. “Nah, peran antioksidan dari kandungan vitamin air kelapa hijau, adanya kandungan mineral. Ya sebaiknya, dikonsumsi cukup dua hari sekali saja,” ujarnya.

Dalam mengonsumsinya, dia menyarankan ketika seseorang sedang meminum obat tidak dibarengi dengan minum air kelapa hijau.

“Kalau yang sakit, disarankan minum obatnya dengan air putih. Nah, kalau sudah jeda sekitar satu jam, baru boleh minum air kelapa hijau ini,” pungkasnya.

Lihat juga...