Kue Kamir Khas Pemalang Digemari di Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kue tradisional khas Pemalang, kamir cukup diminati di Kota Bekasi, Jawa Barat. Tak heran jika hampir di setiap sudut kota ada kue yang konon katanya khas Arab itu. Mudah ditemui di tepi jalan, dijual secara gerobakan, dengan aneka kue lainnya.

Kue kamir kadang ditulis khamir tersebut terbuat dari adonan terigu, mentega, dan telur yang di-mixed atau kocok. Terkadang juga ada yang dicampur dengan bahan lainnya seperti pisang atau tape. Sebenarnya, ada dua jenis bahan bakunya, ada tepung berasa dan terigu biasa.

“Saya pilih menggunakan tepung terigu biasa dan campurannya tape. Sehingga rasanya lebih terasa di lidah, bahan terigu juga cukup digemari di Bekasi. Selain itu harga terjangkau dengan dijual Rp1000 per biji,” ungkap Hasanuddin, asal Pemalang, Jawa Tengah kepada Cendana News, Sabtu (24/7/2021).

Hasanuddin penjual kue kamir khas Pemalang dijumpai di kawasan Jembatan 9 Rawalumbu, Kota Bekasi, saat mengolah kue di adonan khusus, Sabtu (24/7/2021). Foto: Muhammad Amin

Hasanuddin biasa mangkal berjualan dengan gerobak di Jembatan 9 Rawalumbu, Kota Bekasi. Ia menjual kue tradisional khas kampung halamannya dipadu dengan aneke kue lainnya seperti kue pukis yang juga memiliki bahan baku sama.

Menurutnya, antara kue pukis dan kamir berbeda meski bahan bakunya mirip. Kue kamir juga bisa dikreasikan misalnya isiannya bisa dikasih coklat, kismis atau kurma. Kue kamir juga lebih padat dibanding kue pukis.

Perbedaan lain jenis cetakan berbeda, kue kamir biasa cetakannya bulat sedangkan kue pukis persegi. Hasanudin menyebut kue pukis lebih mirip kue balok khas Jawa Barat. Namun keduanya cukup digemari di Bekasi.

“Kue kamir cukup diminati untuk teman ngopi atau teh. Selain itu harganya pun sangat terjangkau, dan bisa mengeyangkan. Apalagi ada rasa tape singkong, yang menambah kaya rasa apalagi saat dimakan ketika masih hangat,” jelas Hasanuddin.

Hasanuddin berjualan dengan mangkal di Jembatan 9 Rawalumbu dari siang hingga malam. Selain kue kamir, pukis ia juga menjual pisang isi coklat sebagai pilihan. Ia dibantu keponakan Purwadi dalam berjualan.

“Adonan untuk bahan baku aneka kue yang dijual diolah di rumah malam hari. Di lokasi ini hanya membuat tinggal dimasukkan ke cetakan yang telah tersedia. Proses pembuatan bisa dilihat langsung,” tambah Purwadi, mengaku suasana PPKM Darurat  tetap cukup banyak yang membeli.

Purwadi juga mengatakan, bahwa kue kamir bisa dibuat di rumah secara mandiri karena bahan bakunya cukup mudah dan bisa dikreasikan sesuai selera, terutama untuk isiannya. Tapi, harus memiliki loyang khusus agar hasilnya maksimal.

Lihat juga...