Kunjungan Wisman ke NTT Masih Dibatalkan

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke berbagai destinasi wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga saat ini masih belum terjadi akibat masih meningkatnya kasus positif Covid-19 di berbagai wilayah di NTT.

“Banyak yang sudah memesan paket perjalanan tapi akhirnya dibatalkan semua karena kasus Covid-19 di NTT masih tinggi,” kata Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTT, Agustinus Manua Bataona saat dihubungi Cendana News, Minggu (11/7/2021).

Agus sapaannya mengatakan, seharusnya bulan Juli merupakan masa puncak kunjungan wisatawan mancanegara ke NTT termasuk ke beberapa destinasi wisata di Pulau Flores.

Ketua HPI NTT, Agustinus Manua Bataona saat ditemui di Kota Maumere, Senin (5/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Ia mengatakan, semua paket perjalanan wisata di travel agent dibatalkan dan wisatawan asing masih menunggu perkembangan lebih lanjut menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia.

“Situasinya memang sedang parah karena jumlah kasus positif meningkat.Ini yang menyebabkan wisatawan asing belum ada yang datang ke NTT. Banyak yang masih masuk daftar tunggu,” ucapnya.

Agus menyebutkan, terkait ada beberapa warga asing yang berkunjung ke NTT menurutnya warga asing tersebut memang menetap dan bekerja di Indonesia sehingga mereka memanfaatkan waktu liburan untuk berwisata.

Ditambahkannya, warga asing tersebut kebanyakan tinggal di Jakarta, Bali dan Lombok yang berwisata untuk menghilangkan stres karena warga asing sudah terbiasa dengan liburan.

“Paling-paling hanya wisatawan domestik dari Jakarta, Surabaya, Sumatera dan Kalimantan saja yang lebih banyak datang berlibur ke NTT,” terangnya.

Agus menyebutkan, sebagian besar wisatawan domestik ini berkunjung ke Labuan Bajo saja dan hanya satu dua orang yang singgah ke destinasi wisata di beberapa daerah lainnya.

“Ada juga wisatawan asing yang mempergunakan kapal wisata dan mereka lebih banyak menetap di Bali.Itu pun mereka lebih banyak tidur di kapal setelah mengunjungi tempat wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Rafael Raga, Manajer Sea World Club Maumere, hotel favorit wisatawan asing yang datang ke Maumere mengaku tanggal 8 Juli 2021 lalu pihaknya baru menerima 7 tamu asing.

Rafael mengatakan, setelah registrasi tamu asing ini pun mendapatkan pemeriksaan swab dari sebuah klinik di Kota Maumere dan hasilnya semua tamu tersebut negatif Covid-19.

“Kami juga baru pertama mendapatkan tamu dalam jumlah banyak. Sejak Covid-19 tahun 2020 lalu, belum ada tamu asing yang menginap padahal biasanya hotel kami penuh oleh tamu asing,” ucapnya.

Lihat juga...