Lahan Parkir RSI Siti Hajar Sidoarjo Jadi Ruang IGD Covid-19

SIDOARJO – Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo Jawa Timur, menggunakan lahan parkir mobil di lantai dasar sebagai layanan IGD, menyusul banyak masyarakat yang datang dengan gejala Covid-19 selama beberapa pekan terakhir.

Direktur Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo, Hidayatullah, mengatakan penggunaan lahan parkir tersebut dilakukan mengingat ruang utama IGD sudah penuh.

“Kami tidak menggunakan tenda seperti yang diterapkan di rumah sakit lain. Tetapi, kami menggunakan lahan parkir di lantai dasar,” ujarnya di Sidoarjo, Jumat (2/7/2021).

Ia mengatakan, dari 19 bed yang sudah ada sebelumnya, kini bisa dilakukan penambahan lagi 26 bed, sehingga total ada 45 bed untuk layanan IGD.

“Itu pun sampai saat ini sistem yang kami gunakan juga buka tutup, artinya kalau ada pasien yang sembuh atau meninggal baru pasien yang ada di IGD kami pindahkan ke ruang isolasi khusus,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga terus membuka lowongan petugas tenaga kesehatan, menyusul ada beberapa tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

“Kami sudah berusaha keras untuk mendapat tambahan tenaga medis, seperti membuka lowongan kerja. Namun, hingga saat ini belum memperolehnya,” katanya.

Sementara data di RSI Siti Hajar pada Juni 2021, merawat 338 pasien Covid-19 dan 51 di antaranya meninggal dunia. “Sedangkan dalam dua hari di bulan Juli, ada 21 pasien meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam dua minggu ini pasien positif Covid-19 yang datang tidak hanya dewasa dan lansia, namun juga remaja, bahkan anak-anak.

“Kami tidak mungkin menolak untuk pasien dengan gejala berat seperti sesak napas. Namun bagi warga yang bergejala ringan, kami harap periksa ke puskesmas terlebih dahulu. Kami juga berpesan kepada masyarakat, agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya. (Ant)

Lihat juga...