Lanal Maumere Vaskinasi Tiga Ribu Lebih Masyarakat Maritim

Editor: Maha Deva

MAUMERE – Program Vaksinasi Masyarakat Maritim, yang di gagas oleh TNI AL, digelar Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Maumere, Sabtu (17/7/2021). Kali ini vaksinasi digelar di Puskesmas Beru dan di halaman parkir  Bank BRI Kantor Cabang Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Hingga hari ini, sudah 3.646 masyarakat maritim sudah tervaksin COVID-19,” kata Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga. P.  M. Tr. Hanla, MM, CTMP, kepada Cendana News, di Puskesmas Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (17/7/2021).

Dwi Yoga menjelaskan, sampai  Sabtu (17/7/2021) total masyarakat Kabupaten Sikka yang tervaksin tahap pertama, dalam Program Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim berjumlah 3.646 orang. Sementara, total masyarakat yang telah mendaftar mengikuti vaksinasi sebanyak 4200 orang. Tim vaksinator akan terus berusaha memvaksin warga, hingga seluruh pendaftar tervaksin, atau setidaknya disesuaikan dengan jumlah stok vaksin yang ada.

“Jumlah masyarakat yang tervaksin pada Sabtu (17/7/2021) 285 orang. Sebelumnya, pada Jumat (16/7/2021), juga dilaksanakan vaksinasi di Puskesmas Wolomarang dengan jumlah warga tervaksin 216 orang,” ungkapnya.

Dwi Yoga menuturkan, target sasaran vaksinasi yang digelar oleh TNI AL tersebut adalah, untuk masyarakat kecil, nelayan, hingga pelaku UMKM, serta masyarakat maritim Kabupaten Sikka. Dalam pelaksanaannya, Lanal Maumere bersinergi dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Kabupaten Sikka.

Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga. P.  M. Tr. Hanla, MM, CTMP dalam kegiatan di Puskesmas Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (17/7/2021) – Foto : Ebed de Rosary

Vaksinasi ini merupakan salah satu program pemerintah dalam hal ini, perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, untuk membantu mempercepat dan memutus rantai penyebaran COVID-19. “Serbuan vaksin ini, tentunya sebagai bagian dari upaya membentuk kekebalan kelompok khususnya untuk masyarakat maritim Kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Dwi Yoga menjelaskan, vaksinasi melibatkan tim vaksinator dari Balai Kesehatan Lanal Maumere, Tim Kesehatan Kodim 1603, Puskesmas Wolomarang dan Puskesmas Beru. “Kegiatan  vaksinasi ini mempergunakan vaksin jenis Sinovac yang bersumber dari Diskes Lantamal VII Kupang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka,” terangnya.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sikka, dr. Clara Yosefine Francis, MPH menyebut, di Sabtu (17/7/2021) terjadi penambahan tiga orang pasien yang meninggal. Semuanya masuk kriteria Lanjut Usia (Lansia). “Banyak orang mempersoalkan dan berpendapat bahwa karena mereka  hanya di rumah tidak mungkin terinfeksi COVID-19,” tandasnya.

Clara mengatakan, yang terjadi malah sebaliknya, banyak dari Lansia terinfeksi COVID-19 bahkan sampai meninggal karena virus ini dibawa oleh anggota keluarganya ke rumah. Anak dan cucu, yang masih berusia muda, dengan mobilitas tinggi dan masih suka bepergian, tetapi tidak disiplin melaksanakan Prokes, dimungkinkan menjadi pembawa virus yang menginfeksi para lansia tersebut.

Oleh karenanya, untuk para pemuda diminta untuk lebih menyayangi keluarga. “Cintai orang di sekitar kita dengan tidak membawa pulang virus itu ke rumah. Jangan egois karena orang muda muda jarang bergejala, tapi pada Lansia apalagi dengan  komorbid maka itu akan sangat fatal akibatnya. Jauhi virusnya bukan orangnya,” pesannya.

Clara menyebut, hingga Sabtu (17/7/2021) total  warga Kabupaten Sikka yang meninggal terserang COVID-19 terkonfirmasi 47 orang, dimana 10 orang berstatus probable. Selain itu, kabar duka datang dari Kabupaten Lembata, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, dikabarkan meninggal dunia akibat COVID-19 setelah mendapatkan perawatan insentifdi RS Siloam Kupang.

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday menyebut, mendapatkan kabar dari pihak keluarga almarhum, mengenai meninggalnya bupati Lembata dua periode ini. “Saya dihubungi oleh keluarga yang merawat Pak Bupati di Rumah Sakit Siloam tadi sore,” sebut Thomas, Sabtu (17/7/2021) sore.

Lihat juga...