Lapangan Barujati, Tempat Favorit Berolahraga Warga Ciparay

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat sebagian masyarakat Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga di lapangan Barujati, desa Pakutandang.

Di lapangan milik desa yang berukuran sekitar 105×68 meter tersebut, masyarakat secara rutin, setiap sore hari melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti jogging, voli dan sepakbola.

Menurut Mahardika (27), semangat olahraga memang sepatutnya dijaga, bahkan ditingkatkan, terutama di masa pandemi saat ini. Karena berdiam diri di rumah tanpa melatih fisik, justru akan menimbulkan penyakit.

“Kalau masalah tempat olahraga ya tergantung pilihan masing-masing, yang penting olahraga. Saya sendiri jogging di lapangan ini karena tempatnya enak, sejuk, dan memang disediakan jogging track-nya. Kebetulan juga lokasinya tidak jauh dari rumah,” kata Mahardika, saat ditemui Jumat (30/7/2021).

Mahardika mengaku tidak terlalu khawatir terpapar Covid-19 saat berolahraga di lapangan Barujati. Pasalnya, selama berolahraga, ia tetap berusaha menjaga jarak dengan orang lain.

“Namanya jogging kan  olahraga individu, tidak akan ada kontak dengan yang lain. Tapi setelah olahraga saya pakai masker lagi. Cuma kalau sambil lari ya tidak mungkin masih pakai masker juga. Bukannya sehat malah bikin penyakit,” tukasnya.

Sementara itu, Saipul Arifin atau Ipul (36), yang juga bersama rekan-rekannya berolahraga sepakbola di lapangan Barujati mengaku senang lantaran lapangan tersebut tidak ditutup oleh pemerintah setempat.

Saipul, warga desa Pakutandang, Ciparay, Kabupaten Bandung masih rutin melakukan jogging di lapangan Barujati, meski pandemi, Jumat (30/7/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

“Syukurnya lapangan tidak ditutup. Kalau lapangan ini ditutup ya susah kita mau olahraga sambil menyalurkan hobi main bola. Kami setuju saja  alun-alun yang ditutup, tapi untuk tempat olahraga, sebaiknya janganlah,” tukas Ipul.

Sama seperti yang lain, Ipul berkeyakinan bahwa olahraga merupakan salah satu cara yang efektif menghindarkan seseorang dari penyakit, termasuk virus Covid-19.

“Begini, orang itu sudah sumpek karena Corona. Kita butuh hiburan, sepakbola ini hiburan dan olahraga, yang kami yakin bagus untuk kesehatan, fisik maupun pikiran. Alhamdulillah tidak ada yang sakit karena Corona,” pungkas Ipul.

Lihat juga...