Lawar Siliketong Campur Kelapa Enak Dikonsumsi

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Membuat lawar siliketong boleh dibilang mudah. Siliketong merupakan salah satu jenis rumput laut yang berukuran kecil berwarna kehitaman dan biasanya sering terdampar di pesisir pantai saat musim gelombang dan angin kencang menerjang.

“Lawar siliketong memang jarang dibuat karena siliketong hanya bisa ditemukan di pesisir pantai saat gelombang tinggi dan angin kencang,” kata Maria W. Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, saat ditemukan di rumahnya, Sabtu (3/7/2021).

Maria menjelaskan, untuk membuat lawar siliketong, pertama-tama bersihkan siliketong atau rumput laut berwarna hitan  (hijiki) yang baru dipilih dari pesisir pantai dengan air dingin.

Maria W. Parera saat ditemui di rumahnya, Sabtu (3/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Ia menambahkan, sambil dibersihkan dengan air, periksa kotoran yang menempel di hijiki tersebut agar benar-benar bersih.

Selanjutnya, rendam siliketong atau hijiki yang telah bersih tersebut dengan air hangat sambil disiapkan bumbu-bumbunya.

“Bumbu-bumbu yang digunakan yakni bawang merah, bawang putih, jahe, kemangi dan cabe keriting. Siapkan juga penyedap rasa dan garam secukupnya,” ungkapnya.

Maria menyebutkan, semua bumbu dihaluskan dengan cara diulek lalu masukan ke dalam wadah dari plastik atau kaca agar tidak cepat basi. Selanjutnya masukan kelapa yang sudah diparut ke dalam wadah berisi campuran bumbu halus lalu aduk hingga merata.

“Masukan siliketong atau hijiki dalam campuran tersebut lalu tambahkan kemangi, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk agar semua bumbu meresap dan biarkan hingga setengah jam baru siap dikonsumi,” ungkapnya.

Warga Kelurahan Wailiti, Endi Dinong mengatakan, saat gelombang dan angin kencang di pesisir pantai utara banyak sekali ditemukan rumput laut dan siliketong atau rumput laut berbentuk kecil berwarna hitam.

Endi menyebutkan, warga biasa memungut dan mengolah beberapa jenis rumput laut untuk dikonsumsi tetapi biasanya dijadikan lawar dengan cara mencampurnya dengan kelapa parut atau bisa juga dengan bawang,merah dan perasan jeruk nipis.

“Siliketong memang merupakan rumput laut yang paling enak dimakan dan biasanya dicampur dengan kelapa parut dan bumbu lainnya. Rumput laut juga kadang dijual di pasar TPI Alok Maumere,” ungkapnya.

Lihat juga...