‘Lempasing Indah’ Destinasi yang Memukau di Teluk Lampung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Menikmati keindahan pantai sebagai destinasi wisata bahari tidak akan ada habisnya di Lampung. Alternatif wisata pantai untuk dijamah salah satunya pantai Lempasing Indah.

Hartatik, salah satu pengunjung menyebut pantai mudah dijangkau dari pusat kota Bandar Lampung. Cukup ditempuh setengah jam dari pusat kota, pantai memiliki tengara yang mudah dilihat.

Tengara berupa gerbang bertuliskan Pantai Lempasing berada di Jalan RE. Martadinata, Way Tetaan, Teluk Betung Timur. Lokasi dari kota Bandar Lampung berada di sisi kiri menuju Kabupaten Pesawaran.

Sebagai destinasi wisata bahari terdekat dari kota Bandar Lampung, pantai ini sebut Hartatik mudah dijangkau. Cukup membayar Rp10.000 untuk kendaraan roda dua, mobil Rp30.000 sejumlah fasilitas bisa dinikmati.

Kejayaan pantai Lempasing Indah sebut Hartatik terlihat dari gerbang megah dan pagar artistik yang mulai kusam. Namun seiring banyaknya destinasi pantai baru membuat pantai ini hanya dikunjungi sedikit wisatawan.

Bagi pecinta privasi dan kesunyian yang membawa keluarga, pantai ini sangat tepat. Setelah membayar tiket, wisatawan bisa menikmati suasana dengan duduk di saung bambu berbiaya Rp25.000.

“Saung bambu yang disewakan cukup nyaman karena berada pada rerimbunan pohon waru laut dan hamparan rumput menghijau sehingga menambah kesejukan suasana pantai yang sebagian masih berpasir putih. Cocok untuk anak-anak bermain menikmati liburan,” terang Hartatik saat ditemui Cendana News, Minggu (18/7/2021).

Hartatik bilang ia dan keluarganya juga memilih untuk menikmati pantai dengan menghamparkan tikar. Suasana pantai Lempasing Indah di Teluk Lampung membuat ia bisa menikmati tengara kota berupa pelabuhan peti kemas Panjang dan kota Teluk Betung di kejauhan.

Sembari menikmati suasana pantai ia juga bisa menghidangkan bekal dari rumah berupa nasi dan sejumlah lauk.

Aktivitas yang bisa dilakukan pada pantai Lempasing Indah sebut Hartatik cukup beragam. Ia dan keluarga bisa mencari kerang lokan, kerang darah dan kerang bulu.

Semua jenis kerang yang enak untuk dikonsumsi itu bisa langsung direbus dengan memakai panci di tepi pantai. Sebagai wisatawan yang menyukai suasana pantai ia bahkan kerap membawa kompor untuk memasak di pantai.

“Wisata ke pantai semakin lengkap dengan bakar daging ayam, ikan untuk makan bersama atau bancakan,” ulasnya.

Alternatif bagi wisatawan saat mengunjungi Lempasing Indah sebut Hartatik bisa menyeberang ke pulau Permata. Salah satu pulau mungil di Teluk Lampung itu bisa ditempuh dengan menyewa perahu wisata.

Cukup membayar Rp30.000 wisatawan bisa menikmati suasana pantai itu. Mengajak serta anggota keluarga yang menyukai fotografi membuat kunjungan ke pulau Permata jadi pilihan.

Hartatik bilang pantai dengan hamparan rumput hijau juga sangat tepat untuk acara out bound. Membawa permainan bola, kegiatan alternatif bermain bola bagi anak-anak jadi pengisi waktu libur.

Kondisi pantai berpasir putih dengan kombinasi bebatuan hitam sebutnya kerap menjadi lokasi mencari ikan sejumlah nelayan. Ia bisa membeli hasil tangkapan jenis ikan kerapu, selar untuk dibakar.

“Anak-anak bisa mandi di pantai dengan pengawasan dan fasilitas kamar bilas, toilet juga memadai,” tegasnya.

Pengunjung pantai Lempasing Indah lainnya, Cong Sui Ni asal Bumi Waras mengaku pantai cukup sepi. Kondisi pantai yang sepi sebutnya cocok untuk acara keluarga.

Menikmati keindahan Pantai Lempasing Indah digunakan oleh Cong Sui Ni (kanan) dan keluarga serta wisatawan lain untuk bersantai, Minggu (18/7/2021) – Foto: Henk Widi

Ia bahkan sengaja membawa bekal makanan dari rumah untuk bersama keluarga. Suasana pantai yang sejuk diakuinya menjadi kesempatan untuk refreshing. Pasalnya sejumlah tempat usaha sementara ditutup imbas pembatasan untuk alasan kesehatan.

“Agar bisa mendapatkan derajat kesehatan yang lebih baik saya memilih untuk berwisata di pantai dan meningkatkan imunitas tubuh,” ulasnya.

Setelah menikmati suasana pantai Lempasing Indah, ia juga bisa mengunjungi pelabuhan perikanan. Berada di dekat tempat wisata ia bisa melihat dari dekat kegiatan nelayan tangkap di Teluk Lampung.

Bagi pecinta fotografi keindahan sejumlah perahu nelayan sebutnya bisa menambah koleksi galeri foto. Ia juga bisa berbelanja ikan yang bisa dibakar di pantai Lempasing Indah.

Pengunjung lain bernama Johansah mengaku Lempasing Indah jadi salah satu destinasi pantai favorit. Lokasi yang dekat sebutnya jadi pilihan di tengah pembatasan perjalanan ke luar wilayah.

Ia menyebut mengunjungi pantai jadi cara baginya untuk melepas penat. Selama sepekan bekerja dari rumah ia menjadikan pantai untuk rekreasi keluarga.

Rerimbunan pohon menjadikan pantai Lempasing Indah destinasi favorit keluarganya.

Lihat juga...