Lockdown Dicabut, Aktivitas Bisnis di Zona Euro Melonjak

 Orang-orang menikmati minuman malam di Place de la Contrescarpe di Paris ketika kafe, bar, dan restoran dibuka kembali setelah ditutup selama berbulan-bulan di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Prancis, 19 Mei 2021 - Foto Ant
LONDON – Kegiatan bisnis di zona euro, memperluas aktivitas mereka pada tingkat tercepat dalam 15 tahun di Juni lalu, karena lebih banyak pelonggaran atas pembatasan virus corona. Sebuah survei pada Senin (5/7/2021) menunjukan, pelonggaran tesebut menjadi kebijakan yang menghidupkan kembali industri jasa, yang dominan di blok itu.

Tetapi, lonjakan pertumbuhan itu harus dibayar dengan tekanan inflasi yang meningkat, karena kekurangan tenaga kerja dan gangguan pada rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi. Indeks Manajer Pembelian (PMI) komposit akhir IHS Markit, yang dilihat sebagai ukuran kesehatan ekonomi yang baik, melonjak menjadi 59,5 pada bulan lalu dari 57,1 pada Mei. Menjadi level tertinggi sejak Juni 2006.

Angka itu berada di depan perkiraan yang hanya 59,2 dan jauh di atas angka 50, yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. “Indeks berada di level tertinggi 15 tahun, mengonfirmasikan bahwa pemulihan ekonomi blok sedang berlangsung dengan baik. Pada saat yang sama, backlogs (akumulasi sesuatu, terutama pekerjaan yang belum selesai atau hal-hal yang perlu ditangani) dan tekanan harga produsen tidak menunjukkan tanda-tanda mereda,” kata Mateusz Urban dari Oxford Economics, Senin (5/7/2021).

“Sub indeks PMI jasa-jasa mencatat kenaikan. Hal ini menunjukkan bahwa sektor ini telah mendapat manfaat dari pelonggaran pembatasan dan peningkatan optimisme konsumen di belakang kampanye vaksinasi yang maju,” tambahnya.

Percepatan program vaksinasi di benua itu, berarti pemerintah telah mengizinkan lebih banyak industri jasa untuk dibuka kembali dan PMI sektor ini melonjak ke angka tertinggi sejak Juli 2007. Aktivitas di industri jasa Jerman tumbuh pada Juni dengan laju tercepat sejak Maret 2011, sementara di Prancis, sektor ini berkembang pesat setelah pelonggaran pembatasan COVID-19.

Sementara itu, di Inggris, di luar zona euro dan Uni Eropa, kebangkitan kembali pasca lockdown untuk perusahaan-perusahaan jasa, sedikit berkurang pada Juni. Tetapi tekanan harga melonjak paling tinggi. Saham-saham dunia mendekati rekor tertinggi pada Senin (5/7/2021) karena kekhawatiran tentang varian Delta dari COVID-19 mengimbangi sentimen positif dari melonjaknya aktivitas bisnis zona euro.

Data PMI yang mencakup produsen zona euro, yang dirilis minggu lalu, menunjukkan aktivitas pabrik berkembang pada laju tercepat pada Juni. Tetapi mereka menghadapi kenaikan paling tajam dalam biaya bahan baku dalam lebih dari dua dekade. Tekanan inflasi tersebut juga dirasakan oleh industri jasa dan indeks komposit harga melambung ke level tertinggi dalam hampir 21 tahun.

Meskipun risiko inflasi cenderung meningkat, Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mempertahankan kebijakan moneter yang longgar dan melihat ekspektasi inflasi yang lebih tinggi untuk sementara waktu sebelum bertindak. Dengan melonjaknya permintaan dan di tengah harapan pelonggaran pembatasan lebih lanjut yang mengarah ke cara hidup yang lebih normal, optimisme tentang tahun mendatang meningkat. Indeks ekspektasi bisnis jasa naik menjadi 72,7 dari 71,2, tertinggi sejak Agustus 2000.

Survei lain menunjukkan, semangat investor di zona euro naik untuk bulan kelima berturut-turut pada Juli, level tertinggi sejak Februari 2018, terangkat oleh pembukaan kembali restoran dan pengecer serta pariwisata, karena kasus virus corona turun. (Ant)

Lihat juga...