Lokasi Sampah Liar di Alteri Tol JORR Jatiwarna Disulap Jadi Taman

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Lahan kosong di jalur alteri tol JORR Jatiwarna, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, kini disulap jadi taman mini. Sebelumnya kerap dijadikan lokasi pembuangan sampah liar hingga menggunung oleh warga pelintas.

Abel, pemerhati lingkungan j di wilayah kota Bekasi, mengapresiasi upaya wilayah dalam membebaskan lokasi dari lokasi sampah liar, Rabu (14/7/2021). Foto: Muhammad Amin

Terlihat di lokasi yang biasa dijadikan sampah liar, sudah tersusun aneka tanaman bunga dan dipagari bambu hingga menyerupai taman mini.

“Ini harusnya bisa menjadi contoh bagi tempat lain, bagaimana kepedulian pengurus RT/RW dalam mencegah terjadinya sampah liar di lahan kosong. Masih banyak lokasi lahan kosong di tempat sepi yang menjadi tempat pembuangan sampah liar di Kota Bekasi,” ungkap Abel, pegiat lingkungan di wilayah setempat kepada Cendana News, Rabu (14/7/2021).

Dikatakan, lokasi jalur alteri Tol JORR Jatiwarna tersebut selama ini kerap dijadikan lokasi sampah liar. Meski sudah dibersihkan oleh petugas UPTD Lingkungan Hidup, tapi kembali terjadi, seakan sudah jadi kebiasaan. Bahkan di lokasi itu pernah dipasang CCTV untuk membuat efek jera.

Namun berbagai usaha itu tidak membuat lokasi itu bebas dari sampah liar. Mereka yang membuang sampah dari berbagai wilayah sudah tahu waktu sepi untuk mencari celah membuang sampah. Hingga akhirnya oleh UPTD LH dan lingkungan sekitar lokasinya dibersihkan dan ditimbun dengan tanah.

“Berbagai upaya sebenarnya sudah dilakukan agar bebas dari sampah liar. Bahkan pembuang sampah liar pernah divideokan lalu diviralkan di medsos. Tapi tetap saja lokasi itu tidak berubah, sekarang jadi taman mini dengan seadanya, sudah sebulan lebih ini terlihat aman dari sampah liar,” papar Abel mengapresiasi.

Diharapkan lanjutnya, wilayah lain yang memiliki lahan kosong kerap, pengurus RT/RW bisa berinisiatif.

Kepala UPTD LH Pondok Melati, dikonfirmasi terpisah mengakui, lokasi sampah liar itu dikelola oleh Linmas kelurahan Jatiwarna secara bergotongroyong. Hal tersebut setelah terus menerus jadi perhatian semua pihak yang peduli terhadap lingkungan.

“Ini berkat koordinasi antara UPTD LH Pondok Melati bersama Kelurahan Jatiwarna. Sehingga disepakati membuat taman mini di lokasi sampah liar itu, meskipun pemilik lahan tidak peduli,” ucap Heri.

Lihat juga...