Memanfaatkan Limbah Popok Bayi Jadi Pot Bunga

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Limbah popok bayi menjadi karya seni yang dapat memiliki manfaat tersendiri. Muji, salah satu warga Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, memanfaatkan popok bayi sebagai pot bunga.

Muji mengatakan, awal mula dirinya merasa resah dengan limbah popok bayi yang sering kali berserakan tidak pada tempatnya. Menurutnya, bagaimana caranya popok bayi tersebut bisa didaur ulang kembali.

“Ide itu muncul pada saat masa pandemi Covid-19, dimana permintaan tanaman bunga meningkat. Kemudian saya mulai berpikir, membuat pot bunga sangat bermanfaat,” ujar Muji kepada Cendana News, di wilayah Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember, Rabu (14/7/21).

Selain kreatif memanfaatkan limbah, setiap harinya Muji, kerap kali intens dalam menjaga lingkungan hidup tetap sehat.

Muji memilah limbah anorganik, kemudian dimasukkan kedalam botol, saat ditemui di wilayah Desa Suci, Rabu (14/7/2021). -Foto Iwan Feri Yanto

Muji mengatakan, limbah popok bayi yang digunakan sebagai pot bunga sudah melewati proses produksi terlebih dahulu. Segala kotoran yang ada dibersihkan tanpa sisa sedikit pun.

“Limbah popok bayi sebelumnya saya bersihkan dulu sampai bersih. Biasanya saya bersihinnya di sungai. Karena kebetulan rumah saya dekat dengan aliran sungai, sehingga memudahkan untuk membersihkan kotoran yang ada bekas limbah tersebut,” katanya.

Beberapa popok yang sudah bersih, Muji menyebutkan, perlu untuk dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Popok yang sudah bersih itu kemudian dipilah, untuk mengeluarkan serat popok yang ada didalamnya. Setelahnya sediakan cetakan khusus untuk membentuk popok bayi tersebut menjadi pot bunga,” jelasnya.

Muji menambahkan, untuk membuat popok menjadi kaku, dan kuat saat digunakan sebagai tempat bunga. Perlu tambahan sedikit bahan material. Hal ini bertujuan untuk membuat popok tersebut kaku, dan bisa digunakan.

“Bahan cetakan itu ditempelin dengan popok bayi, kemudian ditambah bahan material bangunan seperti semen, yang berfungsi sebagai perekat popok tersebut, supaya menjadi kaku,” ungkapnya.

Warga sekitar, Riyadi mengatakan, pemanfaatan limbah popok bayi sangat bermanfaat. Sebab selama ini limbah tersebut mudah dijumpai dibanyak tempat, karena kesadaran orang membuang pada tempatnya masih sangat minim.

“Hasilnya tidak kalah menarik dengan pot bunga lainnya. Beban yang dihasilkan pun sangat ringan, walaupun telah terisi tanah didalamnya,” ucapnya.

Lihat juga...