Miliki Estetika Tinggi Usaha Pembuatan Rumah Kayu Minimalis Tetap Eksis

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Minat akan rumah kayu minimalis atau dikenal cottage dengan nilai estetika atau keindahan masih cukup tinggi dan jadi alternatif penyuka rumah tradisional.

Aguswanto, pemilik usaha menyebutkan, permintaan berasal dari kalangan minat khusus. Pasalnya rumah kayu sudah jadi barang mewah atau tersier. Sebagai usaha berbasis kayu, jeni kayu meranti batu jadi bahan utama.

“Kayu yang digunakan jenis meranti batu masuk kelas satu yang kuat, memiliki ketahanan tinggi pada bubuk, rayap serta sangat keras bahkan harus dibor untuk memasang pasak, kami tidak menggunakan paku, pasak dari kayu atau baut yang bisa dibongkar pasang sehingga pekerjaan harus detail untuk menghasilkan sesuai pesanan,” terang Aguswanto saat dikonfirmasi Cendana News di Jalan Pramuka, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, Selasa (20/7/2021).

Aguswanto bilang rumah kayu minimalis memiliki beragam bentuk sesuai keinginan pemesan. Berukuran 4×4 meter hingga 6×6 meter dirancang persis seperti pada rumah tradisional Jawa berukuran besar.

Proses pengerjaan rumah kayu minimalis sebut Aguswanto dilakukan sangat teliti. Sebab salah ukuran akan berdampak pada kesulitan bongkar pasang. Ia bahkan menyebut desain beragam rumah kayu disimpan secara digital oleh sang anak. Cetak biru (blue print) dirancang dengan seksama sehingga mudah diterapkan. Pengerjaan secara detail dilakukan bertahap setiap bagian.

“Setiap tukang kayu memiliki keahlian dasar dalam dunia pertukangan sehingga bisa membuat rumah kayu dengan nilai seni,”ulasnya.

Normalnya rumah kayu tradisional Jawa diakui Aguswanto dilengkapi ukiran. Bahan yang digunakan berasal dari kayu jati minimal puluhan tahun. Proses pembuatan rumah kayu minimalis butuh waktu dua hingga empat bulan.

Rumah kayu minimalis sebut Aguswanto dijual mulai harga Rp100 juta hingga Rp150juta. Sesuai permintaan ukuran yang kerap dibuat berupa saung untuk santai hingga rumah kayu berfungsi sebagai cottage.

“Pengerjaan bisa langsung dipantau konsumen, contoh rumah kayu yang jadi bisa dilihat,”ulasnya.

Sebagai salah satu kebutuhan tersier untuk estetika, Aguswanto bilang permintaan dalam sebulan bisa dikerjakan satu unit. Proses pemesanan kerap harus indent atau menyesuaikan pengerjaan rumah kayu yang lain. Sistem pengerjaan fokus membuat ia dan tim bekerja by order atau sesuai pesanan.

Hartandi, salah satu tukang kayu yang mengerjakan kerangka mengaku butuh kerjasama tim. Pembuatan rumah kayu minimalis dilakukan mulai dari kerangka utama, lantai, tangga. Tahap selanjutnya bagian dinding sebagai penguat dan juga bagian kerangka atap. Bagian kerangka dinding, pintu, jendela dan pagar teras dikerjakan bertahap. Prosedur pengerjaan telah ditentukan sejak awal.

“Karena dikerjakan manual butuh keahlian untuk proses dari bawah hingga atas, karena akan mempercepat pengerjaan,”ulasanya.

Saat semua bagian telah dipasang, kerangka kayu bisa dibongkar. Pemasangan akan dilakukan pada lokasi pengiriman pemesan. Tahap pemasangan genteng, kaca jendela, pintu dilakukan mendetail.

Pemilik usaha pembuatan rumah kayu minimalis untuk cottage, Aguswanto, menyelesaikan pesanan sejumlah rumah kayu minimalis di Jalan Pramuka, Sumber Rejo, Kemiling, Bandar Lampung untuk pesanan pembuatan cottage tepi pantai, Senin (19/7/2021). Dok: Henk Widi

Hartandi mengaku harga sekitar Rp150 juta sudah termasuk biaya pengiriman. Namun berbagai pelengkap tambahan berupa tempat tidur, meja kursi atau furniture lain belum termasuk. Kelengkapan lain berupa sistem kelistrikan dan lain lain bisa menghabiskan biaya tambahan. Oleh karena itu konsumen sebutnya dominan peminat khusus.

“Karena rumah kayu kerap jadi cottage menjadi modal usaha bagi pemilik usaha wisata sebagai aset berestetika tinggi penghasil uang,” ulasnya.

Salah satu peminat rumah kayu minimalis, Cong Sui Ni, asal Bumi Waras mengaku saung kayu minimalis bisa dibeli seharga Rp60 juta. Meski tidak membeli ia mengaku keunikan rumah minimalis kayu bisa menjadi background foto. Saung kayu jadi tempat unik untuk bersantai terutama disiapkan pada lokasi objek wisata untuk mempercantik lanskap.

Lihat juga...