Nasi Uduk Semur Jengkol yang Menggoda Selera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Nasi uduk yang sudah menjadi salah satu makanan yang familiar di tengah-tengah masyarakat akan lebih menggiurkan jika dikombinasikan dengan semur jengkol. Tidak jarang makanan tersebut menjadi favorit, baik di pagi hari hingga menu makan malam.

Heni, pedagang nasi uduk di Jalan Ikan Layur, Kelurahan Teluk Betung, Kecamatan Teluk Betung, Bandar Lampung menyebutkan, proses pembuatan cukup mudah. Bahan yang digunakan yakni beras kualitas medium jenis rojolele, untuk menghasilkan nasi uduk yang pero atau nasi tidak menggumpal. Bahan lainnya daun salam, sereh, santan kelapa kental, garam. Bahan pelengkap berupa semur jengkol, tempe goreng, tahu goreng, timun, telur, sambal.

“Setelah beras rojolele dibersihkan, kukus dalam dandang penanak nasi, tambahkan santan, daun salam, garam, batang sereh yang telah digeprek selanjutnya diaduk, agar santan sebagai pencipta rasa gurih tercampur sempurna hingga matang atau tanak,” terang Heni saat ditemui Cendana News, Sabtu (31/7/2021).

Nasi uduk yang telah dibuat selanjutnya dipisahkan ke dalam wadah termos, agar selalu hangat atau bisa memakai penghangat nasi. Tahap selanjutnya pembuatan semur jengkol.

Bumbu semur jengkol berupa kecap manis, kecap asin, kayu manis, gula merah, garam. Tambahan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, cabai jamu, lada untuk penambah rasa pedas.

“Pembuatan nasi uduk seperti pada umumnya, hanya saja resep agar penguat rasa lebih kental pada santan dan juga semur jengkol,” ulasnya.

Heni, pedagang nasi uduk semur jengkol di Jalan Ikan Layur, Kelurahan Teluk Betung, Kecamatan Teluk Betung, Bandar Lampung menyiapkan pesanan pelanggan, Sabtu (31/7/2021). Foto: Henk Widi

Sartika, salah satu pelanggan menyebut kerap membeli nasi uduk untuk menu sarapan suami dan anak. Sebagai menu sarapan, suami menyukai semur jengkol yang memiliki bumbu rempah. Memiliki tekstur lembut, semur jengkol berpadu dengan gurihnya nasi uduk. Per porsi sebutnya bisa dinikmati seharga Rp13.000.

“Karena rasanya pas di lidah suami jadi kerap membeli untuk menu sarapan untuk penyemangat aktivitas kerja,”ulasnya.

Pelanggan lain, Stevani, mengaku varian menu nasi uduk semur jengkol memiliki rasa yang khas. Rasa gurih nasi uduk berpadu dengan pedas manis semur jengkol. Sebagai penyemangat aktivitas, nasi uduk semur jengkol bisa jadi pilihan.

Nasi uduk sebutnya akan membuat kenyang hingga siang hari. Tambahan sambal, kerupuk, tahu dan tempe goreng semakin menambah kelezatan nasi udu semur jengkol yang disantap.

Lihat juga...