Olah Raga di Masa Pandemi, Penting

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini. Olahraganya pun dapat dilakukan tanpa alat khusus.

Spesialis Kedokteran Olahraga Slim Health, Sports Therapy, Dr. Michael Triangto, mengatakan, selain mengatur pola makan sehat, rutin berolahraga penting dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini.

Spesialis Kedokteran Olahraga Slim Health, Sports Therapy, Dr. Michael Triangto, saat memaparkan pentingnya olahraga di masa pandemi pada diskusi virtual tentang kesehatan di Jakarta yang diikuti Cendana News, Jumat (2/7/2021). Foto: Sri Sugiarti.

“Dalam kondisi pandemi olahraga dengan intensitas dan durasi sedang dapat dilakukan di mana saja, tanpa alat khusus,” ujar Dr. Michael, pada diskusi virtual tentang kesehatan di Jakarta yang diikuti Cendana News, Jumat (2/7/2021).

Menurutnya, dalam pembatasan sosial yang mengharuskan masyarakat tetap berada di rumah, olahraga bisa menggunakan barang-barang yang ada di rumah, seperti meja dan kursi.

“Bermodal kursi atau meja, olahraga bisa dilakukan di rumah dengan gerakan ringan, oleh siapa pun,” ujarnya.

Dia mencontohkan gerakan olahraga di kursi yakni double knee lift (angkut lutut ganda). Gerakannya, duduklah dengan tegak di atas kursi, sambil kedua tangan berpegangan pada kedua sisi kursi.

Selanjutnya, angkat kedua lutut kaki hingga ke dada. Lakukan secara berulang.

“Gerakan sangat ampuh untuk membakar lemak di area perut,” tandasnya.

Gerakan berikutnya sebut dia, adalah push up yang dilakukan di atas lantai. Mengawali gerakan ini yakni dengan menyimpan kedua tangan pada pegangan kursi atau meja.

Lalu angkat tubuh ke atas dan kembalikan lagi ke bawah. Dia menyarankan agar melakukan gerakan ini secara berulang.

Berikutnya yaitu triceps dips merupakan gerakan efektif mengencangkan lengan. Dalam gerakan ini pastikan tidak menggunakan kursi tanpa roda.

Awal gerakan, miringkan tubuh sambil membelakangi kursi, dengan kedua tangan memegang ujung kursi, dan kaki menempel kuat di lantai.

“Lalu, tekuk siku dan turunkan tubuh, luruskan lengan dan angkat tubuh ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara berulang,” urainya.

Menurutnya, salah satu bagian tubuh kerap dikeluhkan banyak wanita karena memiliki banyak lemak. Sehingga lengannya tidak terlihat bagus. Karena bagian tubuh ini biasanya menggelambir lemak dan tidak menarik karena tertutup lemak.

Triceps dips ini, gerakan efektif mengencangkan lengan wanita. Gerakan ini untuk melatih lemak, yang biasanya lengan ibu-ibu bergelambir, bisa dicoba gerakan ini, untuk membakar lemak di lengan,” ujar dr. Michael.

Selain itu, menurutnya, bisa juga melakukan olahraga aerobik untuk menurunkan lemak dalam tubuh. Aerobik bisa dilakukan di rumah di masa pandemi ini.

“Jalan kaki, jalan cepat, berenang dan bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga aerobik, yang bisa dilakukan di luar rumah,” pungkasnya.

Lihat juga...