P3K 2021, Harus Perioritaskan Guru Belasan Tahun Jadi TKK

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Anggara Dharma Saputra, koordinator dan guru P3K di salah satu sekolah dasar Pengasinan, Kamis (1/7/2021). Foto: Muhammad Amin

BEKASI — Koordinator Guru tenaga kerja kontrak (TKK) Rawalumbu, Kota Bekasi, Anggara Dharma Saputra meminta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 memprioritaskan pengabdian guru TKK/GTK yang telah belasan tahun untuk pendidikan.

“Tahun ini, Informasi untuk Kota Bekasi, formasi ada 400-an untuk P3K. Tapi, tidak fokus pada TKK atau honor yang ada, guru di sekolah swasta juga bisa mendaftar asalkan memenuhi kriteria,” ungkap Anggara Dharma, kepada Cendana News, Kamis (1/7/2021).

Anggara, meminta penerimaan P3K bagi guru tahun ini, bisa mengakomodir mereka yang yang sudah mengabdi lama. Kedua, jangan dibenturkan dengan sistem verifikasi.

Saat ini masih ada puluhan TKK, GTK di Rawalumbu bahkan ada yang masih honor murni, belum TKK, GTK, seperti penjaga sekolah.

“Intinya, penerimaan P3K tahun ini di Kota Bekasi, diminta bisa memprioritaskan teman-teman yang telah puluhan tahun mengabdi sebagai guru tapi belum masuk P3K. Di Rawalumbu ini ada 80-an guru TKK yang belum masuk P3K, masa pengabdian belasan tahun,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta jika telah di mulai pendaftaran P3K bisa dilakukan dengan transparan.

“Sekarang banyak kawan-kawan TKK, GTK bertanya terkait informasi P3K, biar difasilitasi benar ada tindak lanjutnya. Untuk itu diharapkan informasi transparan,” jelas guru sekolah dasar di Pengasinan ini.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PGRI Kota Bekasi, Dedi Mufrodi mengatakan, tidak ada guru honor murni tingkat SD/SMP. Ada tiga klasifikasi yang ada guru ASN, ada P3K, TKK. “Di SD/SMP Kota Bekasi tidak ada guru honor murni yang ada itu hanya di SMA/SMK,” paparnya.

Dikatakan, hasil seleksi P3K 2019 telah menerima SK. PGRI jelasnya akan mendorong jika ada penerimaan P3K bisa memprioritaskan TKK/GTK yang sudah lama mengabdi agar bisa mendapat kepastian kesejahteraan.

“P3K ini, lebih ada kepastian, tergantung kinerja mereka masing-masing karena setiap lima tahun ada penilai kinerja kalau bagus lima tahun bisa diperpanjang. P3K dapat juga TPP meskipun besaran hanya 50 persen gaji status P3K, reward dari Pemkot sama dengan guru PNS, syaratnya hanya 50 persen,” paparnya.

Lihat juga...