Pandemi Bukan Penghalang Meraih Prestasi

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak menyurutkan seorang guru untuk mengukir prestasi. Terbukti, guru MAN 1 Banyumas ini justru meraih banyak prestasi dari hobi fotografinya selama pandemi.

Sujarwo Eko Wibowo, guru MAN 1 Banyumas menjuarai belasan lomba foto dan video selama pandemi. Mulai dari lomba tingkat kabupaten hingga provinsi dan nasional. Hobi fotografi ini sudah dijalani sejak lama, sejak masih sekolah dahulu.

“Fotografi itu mengajari kita banyak hal, mulai dari melatih kesabaran saat menunggu momen yang bagus, serta mengasah kepekaan rasa. Sebab, foto itu mengabadikan momen, sehingga harus menunggu yang terbaik dan itu butuh kesabaran serta kepekaan,” kata  guru MAN 1 Banyumas, yang biasa disapa Eko, Kamis (29/7/2021).

Beberapa prestasi yang berhasil diraih, antara lain juara 1 lomba fotografi yang diselenggarakan salah satu produk sepeda motor, juara 1 lomba foto sunset, juara 2 sport fotografi, kemudian juara 1 lomba foto wisata yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, juara 2 lomba foto yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Purwokerto, hingga juara 2 lomba fotografi yang memperebutkan piala bupati Banyumas.

Untuk prestasi lomba video, Eko pernah meraih juara 1 lomba vlog kategori umum yang diselenggarakan Kominfo Jawa Tengah, dan memperebutkan piala gubernur Jateng, hingga lomba video yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hobi yang mendatangkan prestasi tersebut tidak hanya dijalani sendiri, tetapi ia juga berusaha untuk menularkan kepada anak didiknya. Melalui kegiatan ekstra kurikuler mading dan jurnalistik, Eko memberikan pengetahuan seputar fotografi dan jurnalistik.

“Sebelum pandemi, saya sering mengajak anak-anak untuk belajar outdoor, berburu materi foto di tempat-tempat yang menarik, misalnya di kawasan Baturaden atau mengabadikan kesibukan orang-orang di pasar dan lain-lain,” tuturnya.

Prestasi Eko juga kemudian menular kepada anak-anak didiknya. Hingga melalui lomba video Banyumas Bebas Covid-19 atau MaS BaSid yang memperebutkan piala bupati Banyumas, MAN 1 Banyumas berhasil meraih juara III.

“Saya selalu tekankan kepada anak-anak, jika mengikuti perlombaan, berikan karya yang terbaik, soal menang atau kalah itu adalah bonus, termasuk hadiah yang diperoleh, itu merupakan bonus dari kerja keras setelah usaha kita memberikan yang terbaik,” ucapnya.

Salah satu teman berburu foto dan video Eko, Ab Setiawan, mengatakan, mereka paling suka berburu foto di alam terbuka, mengeksplore keindahan alam.

“Paling sering kita berburu foto di Baturaden, atau kawasan wisata curug-curug, di Banyumas ada banyak sekali curug yang masih alami. Jika butuh model untuk foto, sesekali kita ajak teman lainnya untuk menjadi model,” jelasnya.

Lihat juga...