Patrick Vieira Resmi Latih Crystal Palace

Pelatih baru Crystal Palace asal Prancis, Patrick Vieira - foto Ant

JAKARTA – Crystal Palace, resmi menunjuk Patrick Vieira. sebagai pelatih baru mereka, dengan kontrak berdurasi tiga tahun. Pengumuman Vieira menggantikan Roy Hodgson, diungkap klub Liga Premier Inggris itu pada Minggu (4/7/2021).

Hodgson, meninggalkan klub masa kecilnya tersebut pada akhir musim lalu, setelah empat musim bertugas dan membawa finis di posisi 14 di musim terakhirnya. Vieira, tercatat sempat melatih klub Ligue 1 Prancis, Nice selama dua setengah tahun, sebelum dipecat pada Desember tahun lalu. “Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk kembali ke Liga Premier Inggris, dan melatih klub sepak bola yang hebat ini, saat kami memulai babak baru bersama,” kata Vieira, dalam sebuah pernyataan usai penunjukkannya, Minggu (4/7/2021).

“Ini adalah proyek yang sangat menarik bagi saya, setelah berbicara banyak dengan ketua (Steve Parish) dan direktur olahraga (Dougie Freedman) tentang ambisi serta rencana mereka untuk klub ini, termasuk Akademi,” tambahnya.

“Klub ini memiliki fondasi yang fantastis setelah bertahun-tahun di Liga Premier Inggris, dan saya harap kami dapat membuat peningkatan lebih lanjut dan terus mendorong klub untuk maju,” tambah mantan kapten Arsenal tersebut.

Vieira, sebelumnya juga pernah menukangi klub Major League Soccer (MLS), New York City dari 2016 hingga 2018. Ini adalah tugas manajerial senior pertama Vieira di Inggris, setelah bekerja di akademi Manchester City sebagai eksekutif pengembangan sepak bola. Prioritas pertamanya di Palace adalah, mengawasi perombakan skuad utama, dengan total 11 pemain dari musim lalu habis kontraknya pada akhir Juni. Di antara para main tersebut adalah pemain sayap, Andros Townsend.

Tantangan lain bagi Vieira adalah, memutuskan masa depan pemain kunci mereka, Wilfried Zaha, yang menegaskan kembali keinginannya untuk pindah pada akhir musim lalu. “Kami memiliki banyak hal yang harus dipersiapkan dalam beberapa pekan mendatang dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Patrick dan Dougie dalam membawa beberapa wajah baru untuk membantu kami semua menuju musim yang sukses,” kata Parish.

Palace dijadwalkan memulai musim Liga Premier Inggris 2021-22 mereka, dengan perjalanan ke Chelsea pada Sabtu 14 Agustus mendatang. (Ant)

Lihat juga...