Pedas Gurih Balado Teri Kacang nan Menggugah Selera

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Siapa yang tidak mengenal ikan teri? Hasil laut ini, selain mudah didapat juga murah. Ikan teri juga kerap dapat diolah dalam berbagai masakan. Salah satu yang cukup populer adalah balado ikan teri kacang, cita rasa yang pedas dengan perpaduan ikan teri kering dan kacang tanah.

Penggemar olahan teri balado, Fista Novianti saat ditemui di rumahnya, Semarang, Sabtu (31/7/2021). Foto Arixc Ardana

Tidak hanya sebagai lauk pelengkap yang dapat dinikmati dengan sepiring nasi hangat, olahan teri balado ini, juga bisa dikombinasikan sehingga bisa menjadi menu lain, seperti nasi goreng teri.

“Selain itu, olahan balado teri ini mudah dibuat, sangat praktis. Anak-anak juga suka, karena rasanya asin gurih pedas. Level kepedasan bisa dikurangi jika untuk anak,” papar penggemar olahan teri balado, Fista Novianti saat ditemui di rumahnya, Semarang, Sabtu (31/7/2021).

Dijelaskan untuk membuat olahan balado teri kacang tersebut, dibutuhkan bahan baku berupa ikan teri dan kacang tanah.

“Saya memilih menggunakan teri medan atau teri nasi, karena teksturnya lebih lembut, jadi tidak terlalu keras. Selain itu kalau digoreng juga bisa renyah,” terangnya.

Fista menjelaskan kedua bahan tersebut digoreng hingga garing, baik teri medan dan kacang tanah. “Selanjutnya siapkan bumbu halus berupa cabai, bawang merah, bawang putih dan daun jeruk. Bumbu tersebut kemudian ditumis hingga harum. Jangan lupa masukkan lengkuas dan penyedap rasa,” terangnya.

Setelah itu baru masukkan teri medan dan kacang tanah yang sudah digoreng. Aduk hingga tercampur dengan rata. “Cek rasa, jika kurang asin bisa ditambah garam, atau jika terlalu asin, bisa ditambahkan gula pasir secukupnya. Jika sudah pas, matikan kompor dan olahan balado teri kacang pun bisa dinikmati,” tambahnya.

Dipaparkan, olahan tersebut selain praktis juga tahan lama, bisa hingga 4-5 hari. “Itu kalau tidak segera dimakan, bisa tahan cukup lama. Namun sering kali, tidak sampai satu hari sudah habis,” paparnya sembari tertawa.

Kelezatan olahan balado teri kacang, juga disampaikan oleh Lakesysha Ayu Zifara, anak Fista. Dituturkan setiap kali mamanya membuat balado teri, dirinya termasuk salah satu orang yang paling senang.

“Rasanya enak, pedas sedikit, namun gurih. Biasanya saya makan bersama nasi, lauk dan sayur lainnya. Namun terkadang juga buat cemilan,” terang Lakesysha.

Dipaparkan, ikan teri yang renyah dipadu dengan kacang goreng dan pedas cabai, menjadi kombinasi yang pas dan menggugah selera. “Sering kali nambah nasi, kalau mama masak balado teri kacang,” pungkasnya.

Lihat juga...