Pelaksanaan Vaksinasi di Jember Capai 70 Persen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember mendapatkan kunjungan Dinkes Provinsi Jawa Timur. Kunjungan tersebut membahas ketersediaan vaksin di Jember yang sudah mulai menipis.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengatakan, ketersediaan vaksinasi di Jember untuk saat ini  tersisa 300 lebih vaksin. Dirinya pun mengambil langkah berkoordinasi dengan provinsi Jatim agar ketersediaan vaksin untuk warga Jember tetap tercukupi.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat ditemui wartawan di Pendopo Wahyawibawagraha, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, Jumat (2/7/2021). Foto: Iwan Feri Yanto

“Berdasarkan data dari Provinsi Jatim, warga Jember yang sudah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1.775.710 orang dari jumlah 2.536.729 orang. Jadi, sekitar 70 persen warga sudah melaksanakan vaksinasi,” ujar Hendy Siswanto kepada wartawan di aula Pendopo Wahyawibawagraha, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, Jumat (2/7/2021).

Hendy menegaskan, untuk warga Jember tetap dapat melaksanakan vaksin secara keseluruhan hingga mencapai 100 persen.

“Sasaran kita sudah mencapai 70 persen warga Jember yang divaksin. Secepatnya juga target 100 persen ke depan dapat tercapai,” ucapnya.

Hendy menyatakan, setiap hari warga yang melakukan vaksinasi ditargetkan sebanyak 44.339 orang. Namun hal itu terjadi perubahan angka yang besar di mana setiap hari, yang telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 80.000 orang.

“Jumlah warga yang divaksin sudah hampir menyeluruh, mencapai 70 persen. Namun, di sisi lain ketersediaan vaksin sudah mulai berkurang. Sebelum benar-benar kehabisan, kami sepakati bahwa Dinkes Jember  jemput bola ke Dinkes Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Menurut Hendy pada pertengahan bulan ini, ketersediaan vaksin di Jember sudah kembali normal. Supaya proses vaksinasi bisa segera berlanjut kembali.

“Harapan kami, target 100 persen untuk warga Jember mendapatkan vaksinasi segera terealisasi. Upaya kami hanya menjemput bola, dalam persoalan mengatasi ketersediaan vaksin di Jember yang memang sudah terbatas ini,” terangnya.

Lihat juga...