Pemkab Jember Sediakan Tempat Isolasi Mandiri Terpusat

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Persebaran pasien terkonfirmasi positif Covid-19 semakin luas, Pemkab Jember, Jawa Timur menyediakan fasilitas isolasi secara terpusat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Wiwik Supartiwi saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat di DPRD jember, Selasa (27/7) menyatakan, pihaknya telah menyiapkan dua lokasi isolasi bagi masyarakat. Baik yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

“Dua lokasi yang kami siapkan berkapasitas 100 tempat tidur di JSG (Jember Squard Garden),  70 tempat tidur di Hotel Kebon Agung,” ujar Wiwik Supartiwi kepada wartawan di Gedung DPRD Jember, Selasa (27/7/21).

Wiwik menambahkan, isolasi terpusat akan digelar mulai hari ini. Kebijakan penyediaan fasilitas isolasi mandiri terpusat, lanjutnya, bertujuan untuk mencegah persebaran Covid-19.

Wiwik mengatakan, kebijakan isolasi terpusat mempermudah isolasi mandiri yang dilakukan oleh masyarakat. “Beberapa lokasi sudah kami siapkan, Bupati Jember juga menginstruksikan perangkat pemerintah desa dan kecamatan, agar menyiapkan lokasi isolasi di masing-masing daerah,” jelasnya.

Wiwik mengatakan, evakuasi warga dalam menjalani isolasi mandiri terpusat di beberapa tempat yang sudah disediakan, tidak akan mudah. Diakuinya, warga yang menolak untuk dievakuasi lantaran ingin dekat dengan keluarganya.

“Dengan adanya fasilitas isolasi di masing-masing desa, dapat menjadi solusi terpusat di desa masing-masing,” terangnya.

Secara terpisah, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, bagi warga yang menjalani isolasi mandiri di dua tempat yang telah disediakan, biaya perawatan akan di tanggung oleh Pemkab Jember.

“Bagi masyarakat yang ditinggal menjalani perawatan, untuk kebutuhan sehari-harinya akan di bantu oleh Pemkab Jember,” ucapnya.

Lihat juga...