Pemkot Bekasi Kembali Gelar Vaksinasi Massal, Begini Cara Daftarnya

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Sajekti Rubiah, Kabag Humas Pemkot Bekasi saat ditemui, Jumat (9/7/2021). Foto: Muhammad Amin

BEKASI — Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, kembali menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal untuk masyarakat umum. Kali ini vaksinasi ditujukan bagi lima kecamatan.

Vaksinasi untuk lima kecamatan tersebut meliputi Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Medan Satria, Rawalumbu dan Mustika Jaya dan akan dipusatkan di Transpark Mall Jaunda, pada Rabu 14 Juli 2021.

“Tujuh kecamatan lainnya, menunggu informasi lebih lanjut. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses di alamat https://bit.ly/Vaksin_kota_Bekasi,” ungkap Sajketi Rubiyah, Kabag Humas Pemkot Bekasi, Jumat (9/7/2021).

Dikatakan, kegiatan tersebut dalam rangka optimalisasi pelaksanaan percepatan Vaksinasi Covid-19, sebagai upaya penanganan dan pengendalian penyebaran di Kota Bekasi.

Surat Edaran Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Nomor 443.1/5174/SETDA.TU, bersifat Penting, perihal Pemberitahuan Pelaksanaan Vaksinasi Masal Covid-19 di Transpark Mall Juanda Kota Bekasi ditandatangani 8 Juli 2021.

Adapun isi surat edaran menjelaskan Masyarakat yang akan mengikuti Vaksinasi Massal Covid-19 agar melakukan pendaftaran dengan memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Mengisi Form online dengan alamat https://bit.ly/Vaksin_kota_Bekasi;
2. Warga Negara Indonesia dengan usia 18 tahun keatas;
3. Setiap warga hanya diperkenankan mengisi form satu kali;
4. Menyiapkan identitas diri (KTP);
5. Calon penerima Vaksin wajib mengisi seluruh form dengan benar dan lengkap.

Dalam pelaksanaan, tetap mengintensifkan penegakan 5M secara ketat;

1) Menggunakan masker yang baik dan benar;
2) Mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan handsanitizer;
3) Menjaga Jarak minimal 1 Meter;
4) Menghindari kerumunan;
5) Mengurangi Mobilitas

(Jika tidak ada keperluan yang mendesak, untuk tetap berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit).

Diketahui vaksinasi massal oleh Pemkot Bekasi, kemarin telah selesai dengan peserta 50 ribu orang. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kelima yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga.

Sebelumnya Pemkot Bekasi sudah menggelar vaksinasi di tempat ini dengan peserta 2 ribu, 4 ribu, 8 ribu, serta 25 ribu orang. Sehingga Kota Bekasi menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

Sasaran dari kegiatan vaksinasi massal, merupakan warga Kota Bekasi atau warga dari luar daerah yang berdomisili di Kota Bekasi, dengan usia 18 tahun keatas, Vaksin yang diberikan kepada warga adalah vaksin merk sinovac.

Setelah mendapat suntik vaksin dosis pertama di Stadion Patriot Candrabhaga, peserta vaksinasi massal akan mendapatkan suntik dosis kedua di Puskesmas atau Kelurahan sesuai tempat dimana peserta tersebut mendaftar.

Lihat juga...