Pengetatan Prokes di Pasar Kramat Jati Dilakukan Seperti di Awal Pandemi

Situasi di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta di hari kedua diberlakukannya PPKM Darurat, Minggu (4/7/2021) - foto Ant

JAKARTA – Pengelola Pasar Induk Kramat Jati, kembali menerapkan pengetatan protokol kesehatan di pusat perdagangan sayur dan buah di Jakarta itu, seperti saat awal pandemi di Maret-April 2020.

Hal itu dilakukan, selama pemberlakuan PPKM Darurat, pada 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021. “Sama seperti di awal pada saat COVID-19 itu, masif ya untuk pengetatannya, itu sudah kita laksanakan semua,” kata Kepala Pengelola Pasar Induk Kramat Jati, Agus Lamun, Minggu (4/7/2021).

Agus menyebut, pengetatan prokes di Pasar Induk Kramat Jati tersebut, termasuk penyediaan fasilitas wastafel untuk cuci tangan, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun, hingga imbauan untuk konsistensi menjalankan protokol kesehatan oleh petugas dengan berkeliling. “Imbauan itu dilakukan dengan semua sarana yang ada, baik pakai speaker masjid, atau speaker yang memang dimiliki petugas kami, muter-muter mereka,” tambahnya.

Dari pantauan di Pasar Induk Kramat Jati pada Minggu (4/7/2021), terpantau aktivitasnya ramai cenderung padat. Namun, terlihat ada pedagang atau pembeli yang tidak mengenakan masker, untuk perlindungan diri. Sementara petugas, melalui pengeras suara sudah memberikan imbauan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Meski demikian Agus menyebut, pihaknya terus berupaya untuk tidak putus dalam mengajak para pedagang atau masyarakat yang berbelanja di Pasar Kramat Jati. Terlebih, operasional pasar dengan empat blok dan delapan deretan los grosir, yang merupakan pusat pangan di Jakarta tersebut, diperbolehkan untuk buka 24 jam.

“Jadi yang diharapkan adalah prokesnya ketat, semua protokol kesehatan harap dijalankan. Kenapa? karena Pasar Induk Kramat Jati adalah sentra pangan yang besar dan barometer bagi masyarakat Jakarta dan umumnya di wilayah sekitar Jakarta yang juga mendapatkan bahan makanannya di Pasar Induk,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...