Pentingnya Orangtua Mengedukasi dan Mengerti Perasaan Anak

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak, namun di antara semua faktor tersebut, peranan keluarga, khususnya orangtua adalah yang paling utama.

Menurut Ketua Forum Anak Kota Bandung, Bara Athaya salah satu hal yang harus dilakukan oleh orangtua untuk menjaga anak mereka agar bisa tumbuh dengan baik adalah dengan cara mengerti perasaannya.

“Kasus-kasus seperti anak kabur dari rumah, terjerumus pada pergaulan bebas, itu dikarenakan mereka merasa tidak dimengerti,” ujar Bara dalam webinar bertajuk ‘Sambung Rasa Anak dan Ayah’ yang dihelat Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kamis (29/7/2021).

Menurut Bara, ada delapan cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk memahami perasaan anak. Pertama mengenali sifat serta kebiasaan mereka dengan melakukan observasi secara perlahan. Cara kedua adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

“Ketiga, orangtua harus membiarkan anak mengekspresikan bakat dan minat yang ada dalam diri mereka. Keempat, orangtua harus bisa mengkondisikan rasa penasaran, dan memberikan ruang privasi bagi anak,” ungkap Bara.

Selanjutnya, cara kelima adalah dengan memastikan anak menerima perhatian yang cukup. Keenam, mengedukasi anak mengenai perkembangan mereka.

“Ketujuh, ini yang juga sangat penting, yaitu orangtua harus bisa selalu memberikan apresiasi atas apa pun pencapaian yang dihasilkan sang anak. Serta yang terakhir, menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak,” papar Bara.

Pada forum yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengutarakan, bahwa pendidikan yang utama dimulai dari keluarga. Oleh karenanya, berbagai sifat dan karakter baik, lanjut Hikmat, sudah sepatutnya ditanamkan sejak dari rumah.

“Anak itu akan menjadi warga negara yang baik atau tidak sangat bergantung pada sifat-sifat yang tumbuh dalam keluarga, di mana anak itu dibesarkan. Karenanya peran orangtua sangat penting dalam menghadirkan peradaban yang lebih baik,” pungkas Hikmat.

Lihat juga...