Perajin Batik Probolinggo Nominator UKM Berprestasi 2021

PROBOLINGGO – Perajin batik Kota Probolinggo Day Art masuk lima nominator terpilih dalam kompetisi Usaha Kecil Menengah (UKM) berprestasi tahun 2021 kategori Wirausaha Muda Berprestasi yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur.

“Partisipasi Day Art dalam lomba kali ini tidak lepas dari dukungan dari DKUPP sebagai dinas yang menaungi industri kecil menengah (IKM) Kota Probolinggo,” kata Pemilik Day Art, Friday Purnama Sari di Kota Probolinggo, Jumat.

Day Art merupakan usaha kecil yang berawal dari jasa desain motif batik yang dirintis sejak tahun 2012 dan sekarang sudah berkembang menjadi perajin batik tulis yang beralamat di Jalan Merapi 142 Kelurahan Triwung Lor, Kota Probolinggo.

Banyak penghargaan dan pengakuan diraih oleh Day Art baik di tingkat Kota Probolinggo maupun nasional, bahkan karyanya yang bernama Batik Godong Pelem dan Batik Samudera sudah menjadi seragam batik resmi ASN di lingkungan pemerintah kota setempat.

“Yang memotivasi kami ikut lomba dari Dinas DKUPP, kemudian menawarkan mau ikut lomba atau tidak. Sebetulnya saya antara siap dan tidak siap,” katanya.

Untuk meyakinkan tim penilai dari Provinsi Jawa Timur, Friday mengaku sudah menyiapkan karya unggulan batik tulis Pop Art yang diharapkan dapat memukau tim juri.

“Produk unggulan kami ada motif Pop Art yakni motif-motifnya dengan warna-warna cerah, sehingga tidak harus dengan pakem batik yang seperti parang, kawung dan lainnya karena pangsa pasarnya lebih ke anak muda dan bisa masuk semua kalangan,” tuturnya.

Penilaian lomba UKM Berprestasi tahun 2021 di Jatim terdiri dari beberapa kriteria, salah satunya adalah penilaian kualitas produk, utamanya terkait legalitas produk, sertifikasi kelengkapan, sertifikasi usahanya dari badan usahanya, merk, standarisasi produknya, kualitas produknya, proses pembuatannya, bahkan dari tenaga kerjanya juga dinilai.

Selanjutnya akan dilakukan paparan presentasi di hadapan tim penilai yang akan dilaksanakan pada Jumat (9/7) di Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Kompetisi itu digelar sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2021. (Ant)

Lihat juga...