Permintaan Hewan Kurban di Jambi Mulai Meningkat

JAMBI – Permintaan hewan kurban pada hari Raya Iduladha 1442 Hijriah tahun 2021 masehi di Provinsi Jambi, meningkat dibandingkan dengan 2020.

“Namun jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19 jumlahnya masih lebih rendah,” kata Penyedia sapi kurban, Indra Suardi di Jambi, Jumat (2/7/2021).

Saat ini sudah terdapat 131 ekor sapi yang di pesan. Pada tahun lalu satu bulan jelang hari raya, baru sekitar 115 ekor sapi yang dipesan. Jika dibandingkan terdapat peningkatan sekitar 10 persen lebih terhadap permintaan hewan kurban tersebut.

Untuk harga sapi masih tergolong sama dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang disesuaikan dengan ukuran dengan kisaran Rp15 juta – Rp80 juta.

Untuk sapi dengan harga Rp15 juta kisaran beratnya sekitar 60 kilogram. Sementara sapi yang dihargai Rp80 juta tersebut beratnya mencapai 885 kilogram. Sapi tersebut merupakan sapi jenis simental yang dipesan oleh Presiden Joko Widodo untuk berkurban di Provinsi Jambi.

“Sapi-sapi tersebut didatangkan dari Lampung, masih ada sekitar 50 ekor sapi lagi yang akan dikirim, karena permintaan sapi kurban masih meningkat,” kata Indra Suardi.

Hal serupa dijelaskan  Sutomo, penyedia sapi kurban lainnya di Provinsi Jambi yang menyebutkan, bahwa terjadi peningkatan terhadap permintaan hewan kurban, meskipun tidak sebanyak sebelum pandemi Covid-19.

Sebelum pandemi Covid-19, satu bulan sebelum hari raya sudah terdapat 150 ekor lebih pemesanan hewan kurban. Namun, saat ini permintaannya sekitar 125 sampai 130 ekor sapi.

Penyedia hewan kurban di daerah itu memberikan jasa pengantaran terhadap pemesan hewan kurban. Satu hari sebelum hari raya Iduladha hewan-hewan kurban yang dipesan diantar ke alamat pemesan. (Ant)

Lihat juga...