PII : Insinyur Miliki Peran Penting dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JEMBER — Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Heru Dewanto, MSc, IPU. ASEAN.Eng., mengatakan, insinyur memiliki peran penting pada penanganan pandemi Covid-19 dengan berbagai inovasinya. Bahkan insinyur adalah pahlawan di balik layar penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Temuan yang banyak dilakukan oleh para insinyur sudah mampu membantu penanganan pandemi Covid-19. Seperti alat ventilator dan penyaring udara,” ujarnya dalam diskusi daring di Kampus Universitas Jember, Kamis (8/7/21).

Sesuai dengan definisi, Heru mengatakan, insinyur sebagai profesi yang menggunakan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi (IPTEK) dalam memanfaatkan sumber daya yang ada, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

“Ini adalah saat yang tepat bagi insinyur Indonesia untuk membuktikan diri, sebagaimana mampu berkontribusi, bagi Nusa Bangsa dan Negara melalui berbagai temuan inovatifnya,” ucapnya.

Heru mengatakan, seorang insinyur Indonesia dituntut untuk mampu memberikan kesejahteraan dan keamanan bagi sebanyak-banyaknya manusia, apalagi di masa pandemi Covid-19 yang masih mendera Indonesia dan dunia, dalam gelutan peningkatan positif baru setiap harinya.

“Insinyur harus mampu mengubah tantangan jadi peluang, membuat yang semula tidak ada menjadi ada, hingga mencari solusi atas problematika yang ada. Namun kesemuanya harus dilandasi ilmu pengetahuan dan etika profesi,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna mengatakan, negara saat ini membutuhkan kiprah juang, inovasi dari kemampuan keilmuan yang dimiliki oleh seorang insinyur.

“Gelar insinyur yang disandang bukan sekedar untuk gagah-gagahan saja, namun, mengandung tanggungjawab yang berat untuk pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi etika profesi,” tambahnya.

Lihat juga...