Polwan Sumbar Optimalkan Edukasi Warga Disiplin Prokes

PADANG – Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sumatera Barat menurunkan polisi wanita (polwan) untuk berpatroli dan memberikan edukasi agar masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Direktur Samapta Polda Sumbar, Kombes Pol Achmadi di Padang, Sabtu, mengatakan patroli polwan ini diberi nama Patroli Puti Singgalang yang bertujuan agar imbauan kepolisian lebih menyentuh masyarakat.

“Kalau personel polisi laki-laki kan sudah biasa, makanya kami ciptakan inovasi dengan mengerahkan polwan agar masyarakat, apalagi kaum perempuan bisa lebih menyentuh secara humanis,” katanya.

Ia mengatakan personel polwan melakukan patroli setiap hari di lokasi-lokasi keramaian, seperti pasar, supermarket, dan lainnya.

Dalam berpatroli, katanya, dibagi tiga tim yang dipimpin seorang perwira yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB . Sementara untuk patroli pada siang hari personel polwan tersebut digantikan personel laki-laki.

Khusus pada hari Jumat, katanya, personel polwan tersebut melakukan pengamanan di masjid saat jemaah sedang beribadah salat Jumat.

“Pengamanan saat orang sedang beribadah salat Jumat agar yang beribadah merasa tenang, sekaligus menyosialisasikan prokes dan membagikan masker kepada jemaah,” kata dia.

Ia mengatakan pandemi COVID19 masih mewabah dan diminta agar masyarakat terus menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Kami mengharapkan terlaksananya protokol kesehatan dengan baik terutama penggunaan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan sebagainya,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...