PPDB 2021, BMPS Bekasi Sebut Banyak Kelas ‘Siluman’

Editor: Koko Triarko

Misan Heryanto, Ketua Bidang Hukum BMPS Kota Bekasi,Kamis (22/7/2021). -Foto: M Amin

Untuk itu, Misan menyarankan sekali kawan wartawan turun ke sekolah, lihat absennya itu bisa paling kecil 42 per rombel. Misan sendiri memiliki SMP dan SMK Bisnis Informatika, diakuinya jumlah siswa yang masuk SMP hanya 17 orang dari kuota 90 siswa. Sementara SMK hanya 57 yang telah mendaftar dari kuota 150 siswa.

Diakuinya pula, BMPS Kota Bekasi menyikapi PPDB 2021 sekarang hanya bisa pasrah. Karena mau demo (unjuk rasa) kondisi sedang terjadi PPKM. Biasanya, lanjut dia, mensikapi biasanya dengan aksi.

“Berdiskusi kan sudah tidak mungkin, karena sudah susah dan pemerintah tidak berpihak ke sekolah swasta,” tukasnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris BMPS Kota Bekasi, Ayung Sardi Daulay, diakuinya banyak sekolah swasta tahun ini dalam penerimaan siswa baru tidak memenuhi target, baik di tingkat SD/SMP hingga SMK.

“Banyak sekolah swasta di Kota Bekasi yang hanya mendapatkan siswa baru di bawah sepuluh orang, bahkan ada yang tidak mendapat siswa sama sekali. Ini terjadi tahun ini,” jelas Ayung.

Menurut Ayung, kendala kemungkinan ada orang yang berminat sekolah di swasta itu menurun, karena swasta juga pada prinsipnya dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Namun demikian, jelasnya, kunci utama sebenarnya ada di mindset, dan pemerintah juga tidak mendorong sekolah di mana saja sama.

“Kebijakan sekolah di mana saja sama, baik negeri atau swasta hanya lip service. Realitas di lapangan banyak laporan ada penambahan kelas di SMP atau SMA. Bahkan, SMA membuka kelas terbuka, dan ada jalur khusus untuk masuk di SMK, sehingga terjadi yang dinamakan kelas siluman,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa ada laporan dua SMA di Kota Bekasi, yakni SMA 2 dan SMA 14, membuka kelas terbuka. Harusnya SMA terbuka tidak reguler, tapi praktiknya berbeda. SMK ada juga namanya jalur khusus. Hal itu membuat banyak orang tua siswa yang telah mendaftar di sekolah swasta menarik berkas, karena diterima di sekolah negeri melalui jalur khusus.

Lihat juga...