PPKM Level 4, Patroli Skala Besar Sasar Banyumas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Kabupaten Banyumas, ditindaklanjuti jajaran Polresta Banyumas bersama dengan Kodim 0701/Banyumas untuk melakukan patroli skala besar.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M Firman L Hakim, mengatakan, dalam patroli skala besar tersebut, tetap mengedepankan sisi humanis, mengingat kondisi sekarang ini banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan.

“Patroli skala besar rutin kita lakukan sejak PPKM level 4 ini, tim gabung dari Polresta Banyumas, Kodim 0701/Banyumas, Satpol PP Banyumas bersama dengan jajaran polsek-polsek serta koramil kita libatkan semua dan dibagi dalam beberapa tim, dengan sasaran patroli yang berbeda-beda,” jelas Kapolresta, Sabtu (24/7/2021).

Lebih lanjut Kapolresta menjelaskan, tujuan dari patroli skala besar adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembatasan kegiatan serta mengingatkan mereka yang masih beraktivitas pada malam hari di atas pukul 21.00 WIB. Misalnya para pedagang kaki lima (PKL), toko-toko ataupun masyarakat yang masih bepergian di malam hari.

“PKL yang masih membuka lapak dagangannya pada malam hari, kita datangi, kita beri mereka penjelasan dan kita minta untuk menutup dagangannya. Intinya operasi simpatik, bahkan kita juga bagikan 100 paket sembako untuk mereka, para PKL, tukang becak dan lainnya,” terangnya.

Dalam patroli skala besar yang dilaksanakan hingga Sabtu dini hari tadi misalnya, personel gabungan dibagi dalam dua rute. Untuk tim pertama mulai dari menyusuri Jl. Dr. Angka, Jl. Ovist Isdiman, Jl. Kombas, Jl. MT Haryono, Komlek Pasar Wage, pojok simpang 4 Jl.DI Panjaitan, Jl. Gerilya, Kompleks Andang Pangrenan, Jl. Pahlawan hingga ke Pasar Manis.

Sedangkan untuk tim dua, dimulai dari patroli di Jl. Dr. Angka, Jl. A. Yani, kemudian menuju kompleks stasiun kereta api, underpass, Pasar Pon, Lapangan Rejasari, Rumah Sakit Hermina hingga Pasar Karanglewas. Wilayah–wilayah tersebut merupakan kawasan yang banyak digunakan berjualan oleh PKL dan berpotensi menimbulkan kerumunan.

Sementara itu, Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra, mengungkapkan, patroli skala besar yang rutin dilakukan cukup efektif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mentaati aturan PPKM level 4.

Sebab, dilakukan dengan pendekatan yang humanis, disertai dengan penjelasan seputar potensi penyebaran Covid-19. Patroli tersebut tidak hanya di wilayah perkotaan saja, tetapi juga dilakukan jajaran polsek serta koramil di wilayah masing-masing.

“Sekalipun sudah diumumkan tentang pembatasan jam malam, namun tetap saja perlu dilakukan patroli, untuk memastikan saat malam hari, Banyumas benar-benar tidak ada lagi kegiatan masyarakat. Dan terbukti memang masih ada beberapa PKL yang buka hingga di atas pukul 21.00 WIB. Namun, tidak kita berikan sanksi, hanya imbauan saja sifatnya,” kata Dandim.

Lihat juga...