Presiden Biden Desak Orang Amerika Bantu untuk Akhiri Pandemi COVID-19

WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden merayakan ulang tahun ke-245 AS pada Minggu (4/7) dengan membuka gerbang Gedung Putih dan meminta orang Amerika untuk melakukan bagian mereka untuk mengakhiri pandemi COVID-19 sekali dan untuk selamanya.

“Tahun ini, Empat Juli adalah hari perayaan khusus karena kita bangkit dari kegelapan … tahun pandemi dan isolasi, tahun rasa sakit, ketakutan, dan kehilangan yang memilukan,” kata Biden kepada orang-orang yang hadir dalam perayaan di Gedung Putih.

Perayaan tersebut dihadiri sekitar 1.000 orang, termasuk keluarga militer dan pekerja yang terlibat dalam penanganan COVID-19.

“Kami tidak pernah lagi ingin berada di tempat kami berada setahun yang lalu hari ini,” tambahnya

Acara di Gedung Putih itu menjadi yang terbesar sejak Biden menjabat pada Januari ketika tanda-tanda normal telah kembali setelah pandemi virus corona yang menewaskan lebih dari 600.000 orang Amerika.

Namun, AS gagal mencapai tujuan Biden untuk membuat 70 persen orang dewasa AS mendapatkan setidaknya satu suntikan vaksin pada Minggu.

Angkanya sekitar 67 persen, karena beberapa orang menolak disuntik, meningkatkan kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan karena varian Delta yang lebih agresif mengancam untuk menghasilkan lonjakan lain.

Biden berduka atas orang-orang yang meninggal, memuji orang Amerika yang membantu dalam tanggap darurat negara itu dan mengatakan vaksin adalah pertahanan terbaik melawan varian baru virus.

“Ini adalah hal paling patriotik yang dapat Anda lakukan,” katanya tentang vaksinasi.

Tetapi pemerintahannya juga ingin merayakan apa yang dilihatnya sebagai pencapaian – memulihkan beberapa keadaan normal bagi negara yang lelah dengan pembatasan dan kesulitan pandemi.

Biden mengatakan virus corona “tidak lagi melumpuhkan bangsa kita, dan merupakan kekuatan kita untuk memastikan itu tidak pernah terjadi lagi.” [Ant]

Lihat juga...