Ratusan Warga Antre Daftar Vaksinasi Gratis Lanal Maumere

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Ratusan warga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) antusias mengikuti pendaftaran vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pangkalan TNI AL (Lanal) Maumere di kompleks Pelabuhan Laurens Say Maumere.

“Saya mengetahui ada vaksinasi gratis yang diadakan Lanal Maumere sehingga saya datang mendaftar,” kata Ketua Forum Belarasa Difabel Nian Sikka (Forsadika) Kabupaten Sikka, Maria Norma Yunita Ngewi saat ditemui di Pelabuhan Laurens Say Maumere, Senin (5/7/2021).

Norma sapaannya menyebutkan, dirinya bersyukur ada vaksinasi gratis sehingga berinisiatif mendaftarkan diri sebab belum mendapatkan jatah vaksin dari Pemkab Sikka melalui Satgas Covid-19.

Maria Norma Yunita Ngewi saat ditemui di Pelabuhan Laurens Say Maumere, Senin (5/7/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dirinya bersyukur mendapatkan prioritas karena berstatus difabel sehingga tidak melewati antrean terlebih dahulu seperti masyarakat lainnya.

“Saya bersyukur mendapatkan pelayanan dengan baik dari staf Lanal Maumere. Saya langsung didahulukan dan tidak harus mengantre terlebih dahulu” ungkapnya.

Komandan Lanal (Danlanal) Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi menjelaskan pihaknya kembali membuka pendaftaran tahap berikutnya setelah menyelesaikan beberapa tahapan vaksinasi.

Dwi Yoga menjelaskan, Sabtu (3/7) sudah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi 60 orang di Kantor KSOP Laurens Say Maumere dan Desa Lepolorun, Kecamatan Nita.

“Melalui Balai Kesehatan Lanal Maumere kami melaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga Sabtu (3/7) dan membuka pendafraran hari ini Senin (5/7) untuk tahap berikutnya,” ucapnya.

Dwi Yoga menjelaskan, sebelumnya telah dilaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19, tahap pertama di Mako Lanal Maumere, tahap kedua di Desa Kojadoi, desa binaan Lanal Maumere serta kali ketiga yang digelar Sabtu (3/7).

Kepala Balai Kesehatan Letda Laut (K) dr. Ulvy Kasbullah selaku vaksinator menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan Balai Kesehatan Lanal Maumere guna mendukung program pemerintah melalui TNI AL.

Tambah Ulvy, vaksinasi bertujuan agar warga terhindar dari wabah Covid-19 dan kekebalan imunitas meningkat sebagai langkah memutus mata rantai dalam percepatan penanganan wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Sikka.

Dokter Ulvy mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya mengikuti dan mendukung program pemerintah sehingga kegiatan vaksinasi berjalan dengan baik dan lancar.

“Dari sebanyak 60 orang yang terdaftar, semuanya bisa mengikuti proses vaksinasi dengan baik dan berjalan lancar pada Sabtu (3/7),” ungkapnya.

Ulvy mengaku kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (3/7) tersebut menggunakan vaksin Sinovac dukungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Lantamal VII dan Vaksinator dari Satuan Balai Kesehatan Lanal Maumere sebanyak 5  orang dan petugas medis Puskesmas Wolomarang sebanyak 8 orang.

“Serbuan Vaksinasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mari sukseskan vaksinasi Covid-19,” ungkapnya.

Lihat juga...