Reformasi Pajak Global Langkah Besar Untuk Keadilan

BERLIN – Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, kesepakatan pajak minimum perusahaan global yang direncanakan merupakan langkah maju yang besar untuk keadilan pajak.

“Tidak perlu semua negara untuk bergabung dalam kesepakatan itu,” kata Scholz, dalam wawancara dengan radio Jerman ARD, Jumat (9/7/2021).

Pernyataan tersebut dia sampaikan sebelum menuju ke pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari negara-negara anggota G20 di Venesia.

“Kami tidak bergantung pada semua negara untuk bergabung,” ujarnya.

Menteri keuangan Jerman itu optimis negara-negara anggota Uni Eropa akan mencapai kesepakatan global mengenai rencana pajak minimum penghasilan perusahaan.

Rencana aturan baru tentang di mana dan berapa banyak perusahaan yang dikenai pajak pekan lalu, didukung oleh 130 negara anggota Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang berbasis di Paris.

Negara-negara anggota Uni Eropa –Irlandia, Estonia dan Hongaria– termasuk di antara negara-negara yang tidak menandatangani kesepakatan tersebut.

“Saya yakin, pada akhirnya kita akan mencapai keputusan bersama di Uni Eropa,” kata Olaf Scholz kepada saluran radio DLF sebelum menuju pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 di Venesia. (Ant)

Lihat juga...