Rejang Lebong Usulkan Pengadaan Masker untuk Pelajar

Bantuan pelindung wajah (face shield), yang diberikan kepada pelajar di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun 2020 lalu - foto Dok Ant
REJANG LEBONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengusulkan bantuan pengadaan masker untuk pelajar yang ada di daerah itu. Jumlah masker yang diusulkan sebanyak 174.000 lembar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju mengatakan, masker tersebut rencananya akan dibagikan kepada pelajar, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat ,termasuk tenaga pendidik. “Menjelang tahun ajaran baru 2021/2022 yang akan dimulai pada pertengahan Juli ini, kita telah mengusulkan kembali pengadaan masker ke Satgas COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong dengan jumlah sama dengan tahun sebelumnya yakni 174.000 lembar,” tandasnya, Sabtu (3/7/2021).

Usulan pengadaan bantuan masker kain bagi pelajar tersebut dilakukan, guna membantu para pelajar bisa memperoleh masker secara gratis. Apalagi saat ini kasus penyebaran COVID-19 sedang meningkat. Kendati usulan pengadaan masker pelajar sudah disetujui oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong, namun sejauh ini belum diketahui apakah hanya berupa masker saja atau dengan face shield.

Pengadaan masker tersebut, dari rapat terakhir yang digelar belum lama ini, pengadaannya bukan dilakukan oleh pihaknya. Dinas Kesehatan Rejang Lebong hanya menerima barang, serta tinggal mendistribusikannya. Terkait dengan kegiatan belajar mengajar tatap muka, masih akan tetap dilaksanakan ditahun ajaran baru 2021/2022 ini, meskipun penyebaran kasus COVID-19 masih tinggi.

Hal itu dikarenakan, sudah ada pedoman pemberlakuan KBM tatap muka terbatas. Salah satunya jumlah siswa yang masuk hanya setengah dari kapasitas ruangan. “Jika ada yang terkonfirmasi maka gugus tugas sekolah langsung melakukan upaya pencegahan seperti meliburkan sekolah selama beberapa hari kedepan sampai dirasakan aman,” pungkas Khirdes Lapendo Pasju. (Ant)
Lihat juga...